Tautan-tautan Akses

Manny Pacquiao Pahlawan bagi Komunitas Filipina di AS

  • Associated Press

Poster Manny Pacquiao (kiri) dipasang di MGM Grand Garden Arena sebelum pertandingan akbar yang akan berlansung akhir pekan ini.

Poster Manny Pacquiao (kiri) dipasang di MGM Grand Garden Arena sebelum pertandingan akbar yang akan berlansung akhir pekan ini.

Las Vegas adalah salah satu kantong komunitas Filipina terbesar di AS, dan mereka dengan antusias menyambut pertandingan tinju yang sangat dinanti-nantikan oleh penggemar di seluruh dunia.

"Seperti menonton Super Bowl," kata Wilfredo "Jing'" Espiritu, dari cabang regional Asosiasi Federasi National Filipino American di Las Vegas. "Kami akan berkumpul di rumah-rumah dengan TV yang paling besar," ujarnya.

Pacquiao, salah satu bintang Filipina yang paling dicintai, akan menghadapi Floyd Mayweather di gelanggang tinju MGM Grand Garden Arena, Sabtu.

Menang atau kalah, Espiritu mengatakan ia melobi para pejabat Las Vegas untuk mencanangkan 2 Mei sebagai Hari Manny Pacquiao karena pentingnya sosok Pacquiao bagi komunitas lokal. Petinju itu sudah memperoleh kunci bagi kota ini di tahun 2009.

Hampir 5 persen warga Nevada -- atau lebih dari 138.000 orang -- menyebut dirinya berasal dari, ataupun keturunan Filipina, menjadikannya negara bagian kelima dengan populasi warga Filipina terbesar. Negara-negara bagian lainnya dengan lebih dari 100.000 penduduk asal atau keturunan Filipina adalah California, Hawaii, Texas, Illinois, Washington, New Jersey, Florida, New York dan Virginia.

Dari 3,6 juta orang yang menyatakan dirinya orang Filipina di AS, hampir 4 persen di antaranya tinggal di Nevada dan kebanyakan di Las Vegas.

"Mereka menyebut Las Vegas sebagai 'Kota Mayweather,' mungkin karena pengaruh (media) mainstream - mereka tidak tahu bahwa komunitasi Filipina di sini salah satu yang terbesar," kata Arturo Garcia, dari kelompok Justice for Filipino American Veterans yang berbasis di Los Angeles.

Banyak rumah kediaman anggota komunitas Filipina di Las Vegas akan dipenuhi sanak keluarga dari luar kota yang akan berkunjung untuk nobar (nonton bareng) pertandingan Pacquiao melawan Mayweather.

Salah satu di antaranya adalah Rogel Carlos, 50 tahun, yang terbang ke Vegas dari Phoenix, Jumat, supaya dapat merasakan kemeriahan suasana menjelang pertandingan di Las Vegas. Ia akan menyaksikan pertandingan di rumah seorang kerabat di sebelah barat kompleks jajaran kasino (Strip), yang akan menampilkan katering makanan Filipina layaknya hari raya Natal atau pesta ulang tahun.

"Untuk pertama kalinya sebagai Filipino-American, saya dapat berbangga hati dan saya bangga sebagai orang Filipina karena apa yang telah dicapai Manny Pacquiao. Perasaan yang sama pasti juga dirasakan semua orang di Filipina" kata Carlos.

Espiritu mengatakan, "Setiap kali ada pertandingan Manny Pacquiao, tidak ada kejahatan yang terjadi Filipina, karena semua orang, termasuk para kriminal berhenti dan menonton."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG