Tautan-tautan Akses

Pabrik Sepatu Kamboja Rubuh, 6 Tewas


Tentara dan regu penyelamat melakukan pencarian korban rubuhnya gedung pabrik sepatu di distrik Kong Pisei, provinsi Kampong Speu, 50 kilometer sebelah barat ibukota Phnom Penh, Kamboja (16/5).

Tentara dan regu penyelamat melakukan pencarian korban rubuhnya gedung pabrik sepatu di distrik Kong Pisei, provinsi Kampong Speu, 50 kilometer sebelah barat ibukota Phnom Penh, Kamboja (16/5).

Para pejabat Kamboja mengatakan langit-langit pabrik sepatu ambruk di luar Phnom Penh, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai enam lainnya.

Para pekerja di pabrik sepatu “Wing Star Shoes” milik warga Taiwan itu mengatakan mereka sedang bekerja seperti biasa, Kamis pagi (16/5) ketika langit-langit jatuh dan menimpa mereka. Polisi mengatakan langit-langit itu ambruk, kemungkinan karena terlalu banyak barang yang disimpan di lantai atasnya.

Upaya penyelamatan segera dilakukan untuk menyelamatkan korban dari reruntuhan gedung yang tidak tinggi di provinsi Kampong Speu, sekitar 75 kilometer sebelah barat ibukota tersebut. Sedikitnya enam orang dilaporkan terluka dalam insiden tersebut. Setelah melakukan upaya pencarian selama beberapa jam, petugas mengatakan tidak ada lagi yang terperangkap dalam gedung itu.

Kecelakaan hari Rabu itu terjadi kurang dari sebulan setelah gedung tempat pabrik garmen rubuh di Bangladesh, menewaskan lebih dari 1.100 pekerja.

Bencana itu telah mendorong diadakannya pembicaraan mengenai kondisi kerja dan standar keselamatan di beberapa pabrik Asia, yang dimanfaatkan oleh banyak perusahaan toko-toko di Barat karena upah buruhnya yang murah.

Pemerintah Bangladesh mengatakan pihaknya telah menutup 18 perusahaan garmen karena alasan keselamatan. Pemerintah juga berencana menaikkan upah minimum bagi pekerja pabrik garmmen dan mempermudah pembentukan serikat buruh.

Keluhan juga telah ada mengenai upah rendah dan kondisi kerja yang berat di pabrik-pabrik Kamboja, yang menimbulkan beberapa protes baru-baru ini dan pemogokan oleh pekerja yang marah.
XS
SM
MD
LG