Tautan-tautan Akses

Oxfam: Pakistan Belum Siap Hadapi Bencana Banjir


Warga Pakistan belum sepenuhnya pulih dari banjir parah tahun lalu (foto: dok.).

Warga Pakistan belum sepenuhnya pulih dari banjir parah tahun lalu (foto: dok.).

Oxfam mendesak Pakistan untuk membangun perumahan tahan banjir dan sistem peringatan dini menghadapi musim hujan yang akan segera tiba.

Satu badan pertolongan internasional mengatakan Pakistan belum sepenuhnya pulih dari banjir parah tahun lalu, dan bahwa negara itu tidak cukup siap untuk menghadapi musim hujan yang akan segera tiba.

Badan tersebut, Oxfam, mengatakan bahwa lebih dari 800 ribu keluarga masih tanpa perumahan yang wajar di Pakistan, dan bahwa banyak pertahanan banjir, seperti tembok di tepi sungai, masih belum dibangun kembali.

Badan tadi mengatakan pemerintah Pakistan, dengan bantuan internasional yang ditingkatkan, sebaiknya membangun perumahan tahan banjir dan sistem peringatan dini yang telah ditingkatkan untuk mencegah bencana masa depan.

Lebih dari 1.700 orang tewas dan hampir 20 juta lainnya terkena banjir ketika air bah yang ditimbulkan musim hujan menggenangi seperlima negara itu.

Para pejabat mengatakan 2 hingga 5 juta orang kemungkinan akan terkena bencana hujan tahun ini. Badan itu mengatakan banyak penduduk desa sudah mulai membongkar rumah mereka dan pindah ke dataran yang lebih tinggi sebagai persiapan untuk menghadapi musim hujan.

XS
SM
MD
LG