Tautan-tautan Akses

Outtara Serukan PBB Bertindak di Pantai Gading


Presiden Pantai Gading yang diakui secara internasional, Alassane Outtara.

Presiden Pantai Gading yang diakui secara internasional, Alassane Outtara.

Pemberontak menyatakan telah merebut kota Blolekin dekat perbatasan Liberia setelah pertempuran sangit melawan pasukan pro-Gbagbo.

Alassane Outtara, Presiden Pantai Gading yang diakui secara internasional, menyerukan kepada PBB agar melindungi warga sipil yang terperangkap dalam kekerasan pasca-pemilu.

Komentar Outtara, Senin, datang ketika para pejuang yang setia kepada pihaknya mengatakan mereka merebut kota kelima di bagian barat negara ini, setelah memenangkan bentrokan dengan para pendukung Presiden yang menolak lengser, Laurent Gbagbo. Pasukan pro-Outtara menyatakan telah merebut kota Blolekin dekat perbatasan Liberia setelah pertempuran sangit melawan pasukan pro-Gbagbo

PBB dan Uni Afrika mengakui Outtara sebagai pemenang pemilu presiden November lalu, tetapi Gbagbo mengabaikan seruan internasional untuk menyerahkan kekuasaan kepada saingannya.

Di ibukota komersial Pantai Gading, Abidjan, ribuan pemuda Senin berkumpul di luar Kementerian Pertahanan untuk bergabung dengan pasukan pro-Gbagbo.

XS
SM
MD
LG