Tautan-tautan Akses

AS

Otoritas Pasar Modal AS: Ada Praktik Skema Piramida $129 Juta di China


Kantor pusat badan regulasi pasar modal Amerika Serikat, SEC, di Washington, DC.

Kantor pusat badan regulasi pasar modal Amerika Serikat, SEC, di Washington, DC.

Pengadilan federal San Francisco mengabulkan permintaan SEC untuk membekukan aset para terdakwa dan melarang mereka melakukan pengumpulan dana dari investor.

Badan regulasi pasar modal Amerika menuduh dua perusahaan dan tiga orang melakukan praktik skema piramida yang telah memperoleh keuntungan sekitar US$129 juta dari investor di China, Taiwan dan Amerika.

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) pada Jumat (26/9) mengumumkan adanya praktik curang yang dilakukan eAdGear Holdings Limited, yang berkantor pusat di Hong Kong; eAdGear Inc. yang berkantor pusat di California; serta Charles Wang, Qian Cathy Zhang dan Francis Yuen.

Pengadilan federal San Francisco mengabulkan permintaan SEC untuk membekukan aset para terdakwa dan melarang mereka melakukan pengumpulan dana dari investor.

Pengacara yang mewakili Wang, Zhang dan Yuen tidak segera memberi tanggapan ketika diminta komentarnya.

SEC mengatakan bahwa eAdGear mengklaim sebagai perusahaan pemasaran daring yang sukses, namun hampir seluruh pendapatannya bersumber dari investor, dan bukan produk atau jasa.

Mulai Desember 2010, perusahaan itu menjual "keanggotaan” dan "paket bisnis", dengan membuka rekening bagi puluhan ribu investor yang sebagian besar berasal dari China.

Praktik ini menyasar investor di China dan Taiwan dan masyarakat Tionghoa di Amerika, demikian menurut SEC. Badan regulasi ini menuduh bahwa ketiga orang ini melakukan praktek skema piramida, dengan menggunakan uang investor baru untuk membayar investor yang masuk sebelumnya dan membeli rumah-rumah pribadi bernilai jutaan dolar.

Investor yang bergabung kemudian merekrut anggota keluarga dan teman mereka, yang kemudian juga akan merekrut saudara-saudara mereka dan begitu seterusnya.

Dalam kasus SEC lain terkait tuduhan praktik skema piramida, seorang CEO perusahaan di Atlanta disebut-sebut melakukan perjalanan ke China dan Korea Selatan untuk merekrut investor.

SEC mendakwa Jeff Pan dan perusahaannya, Zhunrize Inc., pada Senin karena menggelapkan uang investor sekitar $105 juta sejak 2012.

David Van Sambeek, pengacara untuk Zhunrize, mengatakan pada Jumat bahwa kantornya serta SEC "akan menyelesaikan masalah ini secepat mungkin." Ia mengatakan Zhunrize mematuhi proses investigasi yang dilakukan SEC "dan akan melakukan apa saja yang diperlukan agar taat hukum dan melindungi para anggota usahanya.''

XS
SM
MD
LG