Tautan-tautan Akses

Oscar Siap Digelar Minggu Malam


Patung Oscar di luar Dolby Theater, tempat acara Oscars diselenggarakan di Los Angeles, Minggu malam (22/2).

Patung Oscar di luar Dolby Theater, tempat acara Oscars diselenggarakan di Los Angeles, Minggu malam (22/2).

Dengan sembilan nominasi, film komedi “Birdman” tampaknya menjadi salah satu film yang paling berpotensi memenangkan Oscar.

Penghargaan Academy Awards ke-87 yang kerap disebut “Oscars” siap diselenggarakan Minggu malam (22/2) di Dolby Theatre, Los Angeles. Hujan diperkirakan akan mewarnai malam paling dinanti-nantikan industri perfilman Amerika itu.

Dengan sembilan nominasi, film komedi “Birdman” arahan sutradara Alejandro Inarritu tampaknya menjadi salah satu film yang paling berpotensi memenangkan Oscar. Terlebih setelah sebelumnya telah meraih Screen Actors Guild Awards dalam beberapa kategori, yang disebut-sebut sebagai indikator kuat bagi Oscar. “Birdman” juga meraih penghargaan film feature terbaik dalam Independent Film Spirit Awards pada hari Sabtu (21/2) yang sekaligus mendorong momentum menuju Oscar. Dalam pesta menjelang Oscar, bintang “Birdman” Michael Keaton mengklaim film tersebut sebagai “sinema sesungguhnya” dan “pengubah fenomena”, suatu penilaian yang juga disampaikan banyak tokoh di Hollywood yang sekaligus merupakan pengakuan terhadap kemampuan Michael Keaton.

Tetapi banyak juga yang percaya bahwa upaya Richard Linklater selama 12 tahun untuk membuat film “Boyhood” juga bakal mencuri perhatian juri Academy Awards. Gelar sutradara terbaik tampaknya juga akan diperebutkan antara Innaritu dan Linklater.

Anugerah aktris terbaik tampaknya bakal diperebutkan oleh tiga bintang utama yaitu Julianne Moore dalam “Still Alice”, JK Simmons dalam “Whiplash” dan Patricia Arquette dalam “Boyhood”. Sementara aktor terbaik diperkirakan merupakan pilihan sulit karena sama-sama dimainkan dengan sangat luar biasa, yaitu bintang muda Inggris Eddie Redmayne dalam “The Theory of Everything” dan bintang kawakan Amerika Michael Keaton dalam “Birdman”.

Bintang Neil Patrick Harris akan menjadi pembawa acara utama “Oscars”, yang tahun lalu ditonton oleh 43 juta orang dan menjadikan acara ini sebagai acara hiburan yang paling ditonton warga dunia dalam sepuluh tahun.

Selain film serius dan bintang-bintang kawakan, beberapa film yang juga bakal menarik perhatian tahun ini adalah “American Sniper” arahan sutradara Clint Eastwood yang meraih enam nominasi – termasuk nominasi untuk film terbaik. “American Sniper” adalah satu-satunya film yang meraih pendapatan kotor lebih dari 100 juta dolar untuk pemutaran film di Amerika saja. Secara keseluruhan film ini diperkirakan telah meraih pendapatan lebih dari 300 juta dolar.

Di sisi lain, anugerah “Oscars” kali ini juga sarat kecaman, antara lain karena 20 aktor yang dinominasikan seluruhnya berkulit putih. Hal tersebut memicu seruan pemboikotan siaran langsung acara itu.

Panggung acara “Oscars 2015” akan diisi oleh sejumlah bintang antara lain Lady Gaga, Jack Black, Jennifer Hudson dan Ana Kendrick. Akan hadir pula Common dan John Legend yang membawakan “original songs” dari film “Selma”, Maroon-5 untuk “Lost Stars” dalam film “Begin Again”, Tim McGraw untuk “I’m Not Gonna Miss You” dari film “Glen Campbell – I’ll Be Me”, Rita Ora untuk “Grateful” dari film “Beyond the Lights” dan Tegan-Sara-The Lonely Island untuk “Everything is Awesome” dari film “The Lego Movie”.

Oprah Winfrey akan menjadi salah satu pembaca pengumuman anugerah itu, bersama Eddie Murphy, Chris Pratt, Kevin Hart, Ben Affleck, Jennifer Aniston, Scarlet Johansson, Cate Blanchett, Channing Tatum dan John Travolta.

XS
SM
MD
LG