Tautan-tautan Akses

Ortega Kemungkinan Terpilih Lagi Jadi Presiden Nikaragua


Poster kampanye Presiden Daniel Ortega terlihat di jalanan kota Managua, Nikaragua, Minggu (7/11).

Poster kampanye Presiden Daniel Ortega terlihat di jalanan kota Managua, Nikaragua, Minggu (7/11).

Jajak pendapat menunjukkan Presiden Daniel Ortega unggul 18 persen dari penantang utamanya, selisih yang cukup untuk menghindari pilpres putaran kedua.

Warga Nikaragua memberikan suara hari ini untuk memilih presiden baru, tapi presiden yang sedang berkuasa, Daniel Ortega masih berada paling depan.

Ortega, bekas pemimpin kelompok pemberontak Sandinista, kemungkinan akan mendapat jabatan presiden yang kedua berturut-turut setelah tergulingnya pemerintahan diktator tahun 1979.

Jajak pendapat menunjukkan presiden Ortega unggul 18 persen dari penantang utamanya, Fabio Gadea, dan kemungkinan akan mendapat cukup banyak suara supaya tidak perlu diadakan pemilihan putaran kedua.

Ortega pertama kali berkuasa tahun 1984 setelah berhasil menggulingkan diktator Anastasio Somoza. Ortega kalah dalam pemilihan presiden tahun 1990, tapi kembali menang dalam tahun 2006.

Ortega adalah pendukung sistem ekonomi terbuka. Kebijakan ekonominya berikut bantuan yang diberikannya kepada rakyat miskin menjadikan Ortega pemimpin yang populer. Hampir separuh dari penduduk Nikaragua yang berjumlah enam juta orang, hidup di bawah garis kemiskinan.

XS
SM
MD
LG