Tautan-tautan Akses

Organisasi Nirlaba di Virginia Bantu Keluarga Veteran AS Dekorasi Rumah untuk Natal

  • Deborah Block

Para sukarelawan organisasi Decorate Vet merapihkan rumah seorang keluarga veteran militer dan menghiasinya dengan dekorasi Natal (Foto: dok).

Para sukarelawan organisasi Decorate Vet merapihkan rumah seorang keluarga veteran militer dan menghiasinya dengan dekorasi Natal (Foto: dok).

Sebuah organisasi nirlaba, 'Decorate A Vet' di Virginia, membantu veteran militer AS dan keluarga mereka merapihkan rumah dan menghiasinya dengan dekorasi Natal.

Musim perayaan hari-hari besar menjelang akhir tahun di Amerika biasanya merupakan saat untuk beramal. "Decorate a Vet", sebuah organisasi nirlaba kecil di Virginia membantu para veteran militer Amerika di wilayah ini dan keluarga mereka. Para relawan organisasi itu merapihkan rumah-rumah mereka dan kemudian menghiasinya dengan dekorasi Natal.

Mereka melakukan berbagai hal mulai dari membetulkan teras, membersihkan pohon dari ranting-ranting kering, sampai menaburi taman dengan jerami kering untuk melindungi kesuburan tanah. Mereka kemudian memasang hiasan Natal.

Hari ini, mereka bekerja di rumah keluarga Spraul. Angela Spraul dan suaminya, Wess, berdinas di militer, tetapi Wess cacat. Bagi Angela, bantuan para relawan itu sangat berarti bagi keluarganya.

“Anak-anak saya masih kecil, tetapi sangat menyukai perayaan Natal dan Tahun Baru. Senang rasanya bisa melakukan hal yang menyenangkan untuk mereka dan dibantu. Kalau tidak, kami tidak mungkin bisa melakukannya,” tutur Angela Sprawl.

“Rasanya tidak percaya ada orang-orang yang sedemikian tulusnya menolong orang lain,” kata Wes, yang mengalami gangguan di syaraf tulang belakang.

Mary Thiebault, relawan yang anaknya berdinas di militer, datang membantu keluarga Spraul. “Sangat menyenangkan melihat sebuah keluarga bisa menikmati suasana Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Menurut Jeff Jones, pendiri "Decorate a Vet" semangat membantu tersebut adalah hal yang mendasari organisasinya. Jones bukan seorang veteran militer, tetapi ayah dan kakeknya dulu berdinas di militer, dan ia ingin menghormati jasa mereka. “Menurut saya, penting membersihkan halaman rumah dan menghiasinya dengan dekorasi Natal, karena ini adalah saat yang tepat untuk beramal, dan kebetulan juga bersamaan dengan saat ketika rumah kelihatan kurang rapih karena daun-daun kering yang berserakan,” paparnya.

Wayne Parks dan sekelompok rekan dari tempatnya bekerja memangkas cabang-cabang pohon di rumah seorang perempuan dengan tiga anak kecil yang suaminya sedang berdinas di luar negeri. “Mereka perlu dibantu, terutama ketika para tentara itu jauh dari keluarga dan tidak bisa membantu keluarga mereka. Dengan cara inilah kami bisa membantu mereka, semampu kami,” kata Parks.

Megan Clancy, sembilan tahun, senang bisa ikut membantu. “Saya senang membantu orang dan membuat mereka betah di rumah mereka sendiri,” celotehnya.

"Decorate a Vet" adalah satu-satunya organisasi yang membantu para veteran di Amerika dengan membuat tampilan rumah mereka ceria untuk menyambut perayaan hari-hari besar menjelang akhir tahun. Tetapi Jones mengatakan ingin sekali melihat idenya menyebar ke seluruh Amerika dan juga membantu para veteran di negara-negara lain.

XS
SM
MD
LG