Tautan-tautan Akses

AS

Organisasi Miss Universe Ajukan Tuntutan Ganti Rugi


Miss Pennsylvania USA 2012, Shenna Monnin (paling kanan) mengundurkan diri dari pemilihan Ratu Amerika 2012 (Foto: dok).

Miss Pennsylvania USA 2012, Shenna Monnin (paling kanan) mengundurkan diri dari pemilihan Ratu Amerika 2012 (Foto: dok).

Organisasi Miss Universe mengajukan tuntutan ganti rugi kepada mantan Miss Pennsylvania Sheena Monnin atas tuduhan pencemaran nama baik.

Organisasi yang berbasis di New York itu mengatakan, mereka sedang mengupayakan kompensasi atas pernyataan-pernyataan Monnin yang menyebutkan bahwa pemilihan Miss USA tahun ini direkayasa, namun tidak secara pasti menyebutkan berapa tuntutan ganti rugi yang diminta.

Monnin mengundurkan diri sebagai Miss Pennsylvania, sekaligus mundur dari kontes Miss USA, setelah mendapatkan informasi dari Miss Florida bahwa organisasi itu telah menetapkan lima finalis sebelum kontes itu diselenggarakan. Ia kemudian menulis dalam akun Facebook-nya, bahwa kontes Miss USA diwarnai kecurangan.

Penampilan Sheena Monnin dalam pemilihan Miss USA di Las Vegas (30/5).

Penampilan Sheena Monnin dalam pemilihan Miss USA di Las Vegas (30/5).

Organisasi Miss Universe membantah tuduhan itu. Mereka bahkan menyatakan Monnin mundur karena organisasi itu untuk kali pertama membiarkan seorang transgender ikut berkompetisi. Organisasi itu bahkan juga mengeluarkan pernyataan Miss Florida Karina Brez, yang mengatakan informasi yang disampaikannya ke Monnin hanyalah guyonan.

Dalam wawancara televisi NBC, Monnin membela pernyataannya. Apalagi katanya, urutan nama lima finalis persis sama dengan yang diinformasikan Miss Florida. Miss Florida sendiri memang masuk final, seperti pernyataannya pada Monnin.

Monnin juga mengaku bahwa keterlibatan transgender dalam kompetisi itu memang merupakan salah satu alasan lain kemundurannya dari ajang itu. Organisasi Miss Universe menyatakan penyelenggaraan Miss USA berlangsung adil dan berada dalam pengawasan seksama para auditor dari Ernst & Young.
XS
SM
MD
LG