Tautan-tautan Akses

AS

Organisasi Mahasiswa Universitas Oklahoma Ditutup Karena Video Rasis


The Levere Memorial Temple, markas besar Sigma Alpha Epsilon di Evanston, IL (Foto: wikipedia).

The Levere Memorial Temple, markas besar Sigma Alpha Epsilon di Evanston, IL (Foto: wikipedia).

Video itu memperlihatkan banyak orang meneriakkan cercaan terhadap warga kulit hitam dan bahwa mahasiswa kulit hitam tidak akan pernah diterima masuk ke dalam organisasi itu.

Organisasi persaudaraan mahasiswa di Universitas Oklahoma, Sigma Alpha Epsilon, akan ditutup dan anggota-anggotanya akan diberhentikan, setelah markas nasional organisasi itu mengatakan, sebuah video para anggotanya yang berpartisipasi dalam sebuah teriakan bersifat rasis, diunggah ke Internet.

Sigma Alpha Epsilon menyatakan Minggu malam, sebuah investigasi telah memastikan isi video yang memperlihatkan banyak orang meneriakkan cercaan rasial terhadap warga kulit hitam dan menyebutkan bahwa mahasiswa kulit hitam tidak akan pernah diterima masuk ke dalam organisasi itu.

Teriakan-teriakan tadi juga menyebut-nyebut tindakan menggantung orang, mengacu pada sejarah AS di masa lalu yang menggantung penduduk kulit hitam.

Sigma Alpha Epsilon nasional menyatakan rasa "malu" terhadap tindakan "rasis dan tak dapat diterima" itu. Video tersebut pertama kali diunggah ke internet oleh sebuah kelompok mahasiswa kulit hitam di Universitas Oklahoma.

Tidak jelas bagaimana video tadi diperoleh. Pihak universitas menegaskan hari Minggu, penyelidikan sedang dilakukan, tetapi tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari penutupan cabang organisasi Sigma Alpha Epsilon di universitas tersebut.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG