Tautan-tautan Akses

Sayembara Fotografi Semarakkan Ramadan di AS

  • Ian Umar

Seorang anak kecil berada di depan jamaah muslim yang sedang melakukan shalat pada bulan Ramadan (foto: dok). Sebuah organisasi muslim AS menyelenggarakan Sayembara Fotografi Internasional – IRPC bertema 'Menangkap Semangat Ramadan'.

Seorang anak kecil berada di depan jamaah muslim yang sedang melakukan shalat pada bulan Ramadan (foto: dok). Sebuah organisasi muslim AS menyelenggarakan Sayembara Fotografi Internasional – IRPC bertema 'Menangkap Semangat Ramadan'.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh organisasi-organisasi Islam di AS untuk merayakan Ramadan, termasuk sayembara fotografi bertema 'Menangkap Semangat Ramadan.'

Studio Basel for Creative Solution, sebuah organisasi di Amerika adalah penyelenggara dan sponsor utama Sayembara Fotografi Internasional (IPRC) bertema "Menangkap Semangat Ramadan."

Sayembara Fotografi Internasional "Menangkap Semangat Ramadan" merupakan perayaan visual selama 30-hari yang unik dan belum pernah dilakukan sebelumnya pada bulan suci Ramadan yang bertujuan untuk mendidik dan mencerahkan jutaan pemirsa di seluruh dunia melalui seni fotografi.

Misi dari proyek ini adalah untuk menawarkan sebuah platform internasional bagi para seniman untuk menampilkan kreativitas mereka dalam upaya menghilangkan kesalahpahaman dan penafsiran tentang Islam dengan citra yang indah dan positif.

Dalam tiga tahun belakangan, IRPC telah menarik lebih dari 60.000 fotografer dan penggemar seni fotografi di seluruh dunia dengan diajukannya ribuan foto dari seluruh penjuru dunia. Mereka telah menerbitkan Buku Capture Spirit of Ramadhan Photography jilid pertama dan kedua. Ini merupakan pertama dan satu-satunya bentuk penerbitan fotografi yang dikhususkan bertema "Ramadan" di seluruh dunia.

Sayembara ini terbuka untuk semua warganegara dan agama. Peserta harus berusia 18 tahun ke atas. Foto-foto yang diajukan harus diutamakan bertema Ramadan, namun bukan berarti hasil jepretannya hanyalah gambar-gambar masjid atau orang-orang sedang berbuka puasa. Sesuai dengan tema sayembara itu, tujuannya adalah untuk "menangkap semangat" dari Bulan Suci Ramadan dengan cara visual.

Pada akhir Ramadan, dewan juri akan menilai foto-foto yang diajukan dalam sayembara tersebut, tahun ini seorang fotografer terkenal di dunia Steve McCurry, yang hasil karyanya adalah pemenang penghargaan National Geographic berjudul "Gadis Afghanistan", termasuk dalam dewan juri tahun ini. Dewan juri akan "menilai dampak dan pesan, kreativitas, tingkat kualitas fotografi, teknik dan komposisi", kata juru bicara sayembara itu Lina Ali. Tahun ini ada tiga kategori yang disayembarakan; pertama arsitektur, kedua spiritualitas, dan ketiga budaya. Setiap kategori akan memilih tiga pemenang. Pemenang ketiga akan mendapat hadiah sebesar $500, pemenang kedua mendapat hadiah $ 1.000 dan pemenang pertama mendapat hadiah $1.500 seperti yang dilansir dalam laman mereka www.spiritoframadan.org

IRPC medapat dukungan di seluruh dunia seperti dari organisasi UNESCO dan The British Museum. IRPC juga berkolaborasi dengan tempat-tempat seni internasional terkemuka termasuk Islamic Arts Museum Malaysia, Arab American National Museum dan Institut du Monde Arabe di Paris.

Sayembara ini bertujuan menjalin komunikasi dan dialog antara budaya dan negara serta menawarkan pandangan kreatif tradisi Islam di seluruh dunia.
XS
SM
MD
LG