Tautan-tautan Akses

Organisasi HAM Serukan Pembebasan Redaktur Situs Berita Thailand


Kelompok-kelompok HAM mengecam penahanan pengelola situs berita di Thailand (foto: ilustrasi)

Kelompok-kelompok HAM mengecam penahanan pengelola situs berita di Thailand (foto: ilustrasi)

Chiranuch Premchaiporn, pengelola situs berita internet Prachatai, dituduh menghina kerajaan dan melanggar UU kejahatan komputer Thailand.

Organisasi-organisasi HAM internasional mengecam Thailand atas penangkapan seorang redaktur situs internet atas tuduhan menghina kerajaan dan melanggar undang-undang kejahatan komputer Thailand.

Polisi menghentikan Chiranuch Premchaiporn, yang mengelola situs berita internet Prachatai, hari Jumat di bandar udara internasional Bangkok setibanya dari konferensi kebebasan Internet di Hongaria.

Pihak berwajib membawanya ke provinsi Khon Kaen, bagian timur laut Thailand, untuk diinterogasi, kemudian dibebaskan dengan uang jaminan.

Amnesty International, Wartawan Tanpa Tapal-Batas, dan Komite Melindungi Wartawan meminta kepada pihak berwenang hari Sabtu agar segera mencabut tuduhan terhadapnya, yang sudah dibantahnya.

Chiranuch sebelumnya pernah ditangkap dan dibebaskan dengan uang jaminan atas tuduhan serupa bulan Maret, dan dia sedang menunggu sidang peradilan atas tuduhan-tuduhan tersebut.

XS
SM
MD
LG