Tautan-tautan Akses

Organisasi HAM Curigai Sudan Gunakan Bom Cluster


Jenis bom curah atau biasa disebut bom cluster (Foto: dok).

Jenis bom curah atau biasa disebut bom cluster (Foto: dok).

Human Rights Watch menyerukan agar Sudan menjelaskan temuan adanya bekas bom cluster (bom curah) di daerah perbatasan yang kabarnya terkena serangan udara pemerintah Sudan baru-baru ini.

Organisasi HAM yang berbasis di New York itu mengatakan hari Jumat bahwa bom cluster yang tidak meledak ditemukan oleh penduduk bulan lalu di negara bagian Kordofan, bagian selatan Sudan, dekat pemukiman Ongolo.

Sudan telah membantah menggunakan bom curah yang berbahaya terhadap kaum sipil ini, karena bom itu dapat menghantam daerah yang luas dan kadang-kadang meninggalkan bom-bom kecil yang tidak meledak.

Sejak tahun 2011, Sudan telah bertempur dengan pasukan yang bersekutu dengan Sudan Selatan di negara bagian Kordofan dan Blue Niles di bagian selatan Sudan. Organisasi-organisasi HAM telah melaporkan bahwa kaum sipil telah menjadi korban serangan membabi buta di daerah itu.

Organisasi itu mengatakan mereka tidak dapat memeriksa kebenaran bahwa angkatan udara Sudan menggunakan senjata itu dalam satu serangan. Tetapi, mereka mengemukakan bahwa pasukan oposisi tidak mempunyai pesawat tempur yang kemungkinan diperlukan untuk menggunakan bom curah.
XS
SM
MD
LG