Tautan-tautan Akses

Orangutan Malaysia Dipaksa Berhenti Merokok


Seekor orangutan yang berada di pusat satwa liar di Sepilok, Sabah, Malaysia (foto: dok).

Seekor orangutan yang berada di pusat satwa liar di Sepilok, Sabah, Malaysia (foto: dok).

Direktur kebun binatang di Malaka mengatakan 'Shirley' tidak diberi rokok lagi karena merokok bukan perilaku normal orangutan.

Pihak berwenang Malaysia menyatakan seekor orangutan bernama Shirley, yang terkenal karena mengisap rokok dari pengunjung kebun binatang, telah dikarantina sebagai upaya memaksanya menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

Langkah tersebut muncul hanya beberapa hari setelah para pejabat mengambil alih satwa berusia 20-an tahun itu dari kebun binatang yang dikelola pemerintah di negara bagian Johor, di bagian selatan Malaysia, bersama satwa-satwa lain yang didapati tinggal di lingkungan yang tidak layak.

Pihak berwenang menyatakan Shirley untuk sementara dipindahkan ke kebun binatang di negara bagian Malaka, dan diperkirakan akan dikirim ke pusat satwa liar Malaysia di pulau Kalimantan dalam beberapa pekan.

Direktur kebun binatang di Malaka, Ahmad Azhar Mohammed, mengatakan Shirley tidak diberi rokok lagi karena merokok bukan perilaku normal bagi orangutan. Ia mengatakan, Shirley telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan hasilnya belum keluar.

XS
SM
MD
LG