Tautan-tautan Akses

Orangtua Perempuan yang Diculik di Korea Utara Bertemu Cucu


Pertemuan perwakilan Jepang dan Korea Utara mengenai penculikan warga Jepang oleh Korea Utara di tahun 1970-an dan 1980-an.

Pertemuan perwakilan Jepang dan Korea Utara mengenai penculikan warga Jepang oleh Korea Utara di tahun 1970-an dan 1980-an.

Orangtua seorang perempuan Jepang yang diculik oleh agen-agen Korea Utara pada tahun 1977 telah bertemu dengan cucu mereka yang lahir di Korea untuk pertama kalinya dalam hidup mereka.

Para pejabat Jepang mengatakan hari Minggu bahwa Shigeru Yokota dan istrinya Sakie yang telah uzur melewatkan beberapa hari dengan Kim Hye Gyong, 26 tahun, di Mongolia pekan lalu.

Ibunda Kim, Megumi Yokota, diculik di Jepang ketika berusia 13 tahun. Dia diyakini telah menikah dengan seorang pria Korea Selatan yang juga diculik oleh Korea Utara.

Korea Utara mengatakan ibunda Kim bunuh diri pada tahun 1994. Tapi Tokyo menolak klaim tersebut, dan mengatakan Pyongyang berbohong tentang status korban penculikan Jepang yang belum ditemukan.

Penculikan dalam tahun 1970-an dan 1980-an merupakan masalah besar yang menghalangi hubungan antara kedua negara. Korea Utara mengaku pada tahun 2001 bahwa mereka telah menculik banyak warga Jepang dan Korea Selatan untuk melatih mata-mata mereka.
XS
SM
MD
LG