Tautan-tautan Akses

Orang Tertua di Dunia Wafat di Usia 117


FILE - Warga Jepang Misao Okawa, perempuan tertua di dunia, memakan kue ulang tahunnya ketika ia merayakan ulang tahunnya yang ke-116 di Osaka, Jepang barat, di foto yang diambil oleh Kyodo, 5 Maret 2014.

FILE - Warga Jepang Misao Okawa, perempuan tertua di dunia, memakan kue ulang tahunnya ketika ia merayakan ulang tahunnya yang ke-116 di Osaka, Jepang barat, di foto yang diambil oleh Kyodo, 5 Maret 2014.

Orang tertua di dunia, seorang perempuan Jepang, meninggal hari Rabu (1/4), beberapa minggu setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-117.

Misao Okawa meninggal akibat gagal jantung dan berhenti bernapas didampingi oleh keluarga dan staf rumah jompo. Mereka memujinya karena bisa berumur panjang dan hidup sehat, ujar Tomohiro Okada, seorang pejabat di rumah jompo Osaka, tempat Misao tinggal.

"Ia meninggal dengan tenang, seperti tertidur,'' kata Okada. "Kami sangat kehilangan.''

Seorang perempuan Amerika berusia 116 tahun, Gertrude Weaver dari Arkansas, sekarang merupakan orang tertua di dunia, menurut kelompok riset Gerontology yang berbasis di Los Angeles, yang mencatat data warga senior. Ia lahir pada 4 Juli 1898.

Okawa, lahir di Osaka pada 5 Maret 1898, dikenal sebagai orang tertua di dunia dan tercatat di Guinness World Records pada tahun 2013.

Ia kehilangan selera makannya sekitar 10 hari yang lalu. Sebelum itu, ia bisa makan dengan baik, menikmati satu cangkir kopi setiap harinya dan makanan kesukaannya, termasuk ramen, kata Okada.

Okawa, anak perempuan seorang pembuat kimono, mengatakan pada perayaan ulang tahunnya kemarin bahwa hidupnya sepertinya pendek. Ketika ditanya rahasia umur panjangnya, ia menjawab dengan sikap acuh, "Saya juga bertanya-tanya.''

Ia menikahi suaminya, Yukio, pada tahun 1919, dan mereka punya dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Ia punya empat cucu dan enam cicit. Suaminya meninggal pada tahun 1931.

Orang tertua di Jepang saat ini adalah seorang perempuan yang tinggal di Tokyo dan berusia 115 tahun, menurut Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan. Nama perempuan yang lahir pada 15 Maret 1900 itu tidak disebutkan atas permintaan keluarga.

Jepang mempunyai paling banyak orang berusia di atas 100 atau biasa disebut sebagai centenarian, di dunia, dengan lebih dari 58000 orang, menurut pemerintah. Sekitar 87 persen dari mereka adalah perempuan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG