Tautan-tautan Akses

AS

Orang-orang yang Tidak Divaksinasi Campak Diminta Jauhi Disneyland


Taman bermain Disneyland di California.

Taman bermain Disneyland di California.

Campak telah menghantam California baru-baru ini. Negara bagian itu biasanya menghadapi empat sampai 60 kasus campak per tahun.

Orang-orang yang belum divaksinasi melawan campak, termasuk anak-anak yang masih terlalu muda untuk diimunisasi, diminta tidak mengunjungi Disneyland setelah infeksi-infeksi baru dikaitkan dengan taman bermain itu, menurut para pejabat kesehatan masyarakat California, Rabu (21/1).

Sejauh ini, 70 orang di lima negara bagian AS dan Meksiko telah terjangkiti campak dalam sebuah wabah yang berasal dari taman-taman Disney pada Desember dan menyebar ke masyarakat. Mayoritas besar infeksi tersebut, 62 orang, terjadi di California, dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat.

Para pejabat kesehatan menemukan kasus-kasus campak baru yang terkait dengan kunjungan ke taman-taman Disney pada Januari setelah periode inkubasi pada wabah awal.

Karena campak sangat mudah menular, orang-orang yang belum mendapat vaksin campak, gondok dan rubela atau MMR, rentan terkena dan harus menjauhi Disneyland untuk sementara ini, menurut epidemiolog pemerintah Gil Chavez.

Chavez mengatakan hal yang sama berlaku untuk tempat-tempat yang padat dengan konsentrasi pelancong internasional yang tinggi, seperti bandar udara. Orang-orang yang telah divaksinasi tidak perlu mengambil langkah kewaspadaan tersebut, ujarnya.

Juru bicara Disneyland Resorts, Suzi Brown mengatakan, pihaknya sepakat dengan saran bahwa sangat aman untuk berkunjung bagi mereka yang telah divaksinasi.

Mereka yang telah tertular berusia antara tujuh bulan sampai 70 tahun. Sebagian besar diantaranya belum divaksinasi, dan seperempat dari mereka harus diopname.

Diantara mereka yang jatuh sakit ada lima pegawai Disney. Tiga dari mereka telah kembali bekerja. Perusahaan tersebut sebelumnya mengatakan para pegawai yang mungkin mengalami kontak dengan yang terkena campak diminta menunjukkan bukti vaksinasi atau melakukan tes darah untuk menunjukkan imunitas melawan campak. Mereka yang belum mendapat hasil tes diminta cuti berbayar. Vaksinasi ditawarkan pada semua pegawai.

Campak telah menghantam California baru-baru ini. Negara bagian itu biasanya menghadapi empat sampai 60 kasus campak per tahun.

Sejak wabah tersebut, dua lusin pelajar yang belum divaksinasi di Orange County dipulangkan ke rumah selama tiga minggu setelah seorang pelajar yang terinfeksi muncul di sekolah.

Campak adalah penyakit pernafasan sangat menular yang dapat menyebar melalui udara lewat batuk atau bersin. Gejala-gejala termasuk demam yang diikuti batuk, pilek dan gatal-gatal. Meski virus itu telah dihapus dari AS sejak 2000, ia masih dapat masuk lewat pelancong yang terinfeksi. (AP)

XS
SM
MD
LG