Tautan-tautan Akses

Orang-orang Dekat Putin Diduga Taruh $2 Miliar di Rekening Asing


Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia (foto: dok).

Dokumen-dokumen di Panama menyimpulkan bahwa orang-orang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin memindahkan 2 miliar dolar lewat beberapa rekening bank asing dalam 40 tahun lebih.

Sekelompok wartawan internasional, yang mempelajari dokumen-dokumen yang bocor milik sebuah firma hukum Panama, telah menyimpulkan bahwa orang-orang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin memindahkan uang sampai 2 miliar dolar lewat beberapa rekening bank asing dalam lebih dari 40 tahun.

Konsorsium Internasional Wartawan Investigatif, bersama surat kabar Jerman Sueddeutsche Zeitung dan lebih dari 100 organisasi berita lain, mengatakan dalam laporan Minggu (3/4) bahwa 11,5 juta dokumen dari firma hukum Mossack Fonseca di Panama memperlihatkan puluhan transaksi yang “melibatkan orang-orang atau perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Putin” dari 1977 sampai akhir 2015.

Menaruh uang di rekening asing memang sah-sah saja, dan bisa digunakan sebagai cara untuk mengurangi pajak atau memuluskan perjanjian bisnis internasional. Tetapi laporan itu mengatakan “dokumen-dokumen itu menunjukkan bahwa bank-bank, firma hukum dan para pihak terkait lainnya seringkali tidak mematuhi persyaratan hukum untuk memastikan bahwa klien mereka tidak terlibat dalam kegiatan kriminal, penghindaran pajak atau korupsi politis.”

Pemerintah Rusia pekan lalu tidak menjawab pertanyaan para wartawan mengenai transaksi itu, dan secara terbuka menuduh kelompok wartawan itu menyiapkan “serangan informasi” yang keliru terhadap pemimpin Rusia dan orang-orang terdekatnya. [vm]

XS
SM
MD
LG