Tautan-tautan Akses

Kawanan Laki-laki Bersenjata Serang Konsulat India di Afghanistan


Asap membubung dari konsulat India saat para petugas keamanan menyelidiki serangan di provinsi Herat, Afghanistan (23/5).

Asap membubung dari konsulat India saat para petugas keamanan menyelidiki serangan di provinsi Herat, Afghanistan (23/5).

Serangan dimulai ketika tiga orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah konsulat itu dari sebuah rumah di dekatnya dengan senapan mesin dan granat yang diluncurkan roket.

Kawanan pria bersenjata berat menembaki konsulat India di Afghanistan barat hari Jumat (23/5), tetapi seluruh staf diplomatik di sana berhasil lolos tanpa cedera.

Pihak berwenang mengatakan empat pria bersenjata dengan senapan mesin dan granat berpeluncur roket melancarkan serangan itu di kota Herat dari gedung di dekatnya, sehingga memicu baku tembak dengan pasukan keamanan. Polisi mengatakan seluruh anggota kawanan bersenjata itu tewas.

Di New Delhi, juru bicara Kementerian Luar Negeri India Syed Akbaruddin mengatakan kepada media bahwa polisi perbatasan India-Tibet mampu menggagalkan serangan itu sebelum pasukan keamanan Afghanistan tiba.

Belum ada pihak yang segera mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Kantor kepresidenan Afghanistan mengatakan Presiden Hamid Karzai memberitahu perdana menteri terpilih Narendra Modi, melalui telepon mengenai tanggapan tepat waktu pasukan Afghanistan dan “meyakinkan perdana menteri dan rakyat India tentang keselamatan warga India di Afghanistan dan bahwa tidak ada staf konsulat yang terluka dalam serangan itu.”

Konsulat di Herat itu dijaga oleh Polisi Perbatasan India-Tibet dan pasukan Afghanistan. Herat terletak di dekat perbatasan Afghanistan dengan Iran.

Afghanistan telah mengalami peningkatan serangan pemberontak sementara pasukan asing berencana akan meninggalkan negara itu sebelum akhir tahun ini.
XS
SM
MD
LG