Tautan-tautan Akses

Oposisi Suriah Tuntut PBB Batalkan Undangan untuk Iran


Undangan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk Teheran mendapat penolakan dari oposisi Suriah (foto: dok).

Undangan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk Teheran mendapat penolakan dari oposisi Suriah (foto: dok).

Koalisi Nasional Suriah menyatakan tidak akan menghadiri pembicaraan kecuali jika PBB menarik undangan untuk Iran sebelum pukul 2 pagi WIB Selasa (21/1).

Oposisi utama Suriah yang didukung Barat telah mengancam tidak akan menghadiri konferensi perdamaian pekan ini yang dimaksudkan untuk mengakhiri perang saudara di negara itu, kecuali jika PBB membatalkan keputusan menit terakhir untuk mengundang Iran.

Koalisi Nasional Suriah menyatakan tidak akan menghadiri pembicaraan kecuali jika PBB menarik undangan untuk Iran sebelum pukul 2 pagi WIB, Selasa besok (21/1).

Perancis dan Arab Saudi bergabung bersama Amerika menolak keikutsertaan Iran dalam pembicaraan perdamaian Jenewa 2, yang dijadwalkan dibuka hari Rabu di Swiss, kecuali jika Teheran secara terbuka menyatakan setuju untuk membantu membentuk pemerintah transisi dengan kewenangan eksekutif penuh bagi Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan undangannya untuk Teheran disampaikan setelah ia menerima jaminan dari Iran bahwa negara itu telah menerima prinsip pembicaraan tersebut.
XS
SM
MD
LG