Tautan-tautan Akses

Oposisi Tajikistan Debatkan Hasil Pemilu Parlemen


Pemimpin Partai Kebangkitan Islamis Muhiddin Kabiri hari Selasa mengatakan kepada wartawan, pemilu itu jelas tidak adil.

Partai oposisi utama Tajikistan mengatakan akan mengajukan hasil-hasil pemilihan parlemen hari Minggu ke pengadilan, karena kata pengamat asing pemilu itu dicemari kecurangan.

Pemimpin Partai Kebangkitan Islamis Muhiddin Kabiri hari Selasa mengatakan kepada wartawan pemilu itu jelas tidak adil. Ia mengatakan partainya seharusnya mendapat suara mendekati 30 persen, bukannya tujuh persen seperti yang diklaim komisi pemilu.

Hasil-hasil awal menunjukkan partai Presiden Emomali Rakhmon memenangkan 70 persen lebih suara pada pemungutan suara hari Minggu. Hasil itu membuat Partai Kebangkitan Islamis hanya mendapat dua dari 63 kursi majelis rendah.

Namun para pemantau dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama Eropa melaporkan ketidak beresan yang serius dalam suara, termasuk insiden-insiden pemalsuan surat-surat suara.

Kedutaan besar Amerika di Dushanbe juga mencatat kecurangan luas dan mengatakan pihak oposisi menghadapi "persaingan tidak seimbang" selama masa kampanye.

XS
SM
MD
LG