Tautan-tautan Akses

Oposisi Ukraina Tolak Seruan Presiden Yanukovych


Pemimpin Partai Kebebasan Ukrania Oleh Tyahnybok berpidato di depan massa pendukung integrasi dengan Uni Eropa di Kiev (8/12). (Reuters/Gleb Garanich)

Pemimpin Partai Kebebasan Ukrania Oleh Tyahnybok berpidato di depan massa pendukung integrasi dengan Uni Eropa di Kiev (8/12). (Reuters/Gleb Garanich)

Yanukovych mengirimkan undangan Rabu malam (11/12) untuk mengadakan dialog nasional dengan para pemuka agama, masyarakat dan oposisi.

Para tokoh oposisi Ukraina telah menolak seruan Presiden Viktor Yanukovych untuk pembicaraan yang akan mengakhiri protes yang terjadi dua minggu terakhir, menentang tindakannya yang tidak menerima perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa, dan sebaliknya memperkuat hubungan dengan Rusia.

Yanukovych mengirimkan undangan Rabu malam (11/12) untuk mengadakan dialog nasional dengan para pemuka agama, masyarakat dan oposisi, sementara mendesak demonstran yang berkemah di tengah kota Kiev agar menghindari konfrontasi dan ultimatum.

Saat menolak seruan presiden itu, pemimpin oposisi Arsenly Yatsenyuk mengulangi lagi tuntutan agar presiden terlebih dahulu membebaskan semua tahanan yang ditangkap sejak demonstrasi mulai dan agar ia dan pemerintahannya kemudian meletakkan jabatan.

Yatsenyuk berbicara beberapa jam setelah polisi mundur dari perkemahan protes yang sangat besar di Lapangan Merdeka, Kiev, setelah berusaha membongkar perkemahan sederhana kota itu yang didirikan oleh massa demontran.

Sementara itu, di Washington Rabu, Departemen Pertahanan mengatakan Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Ukraina Pavlo Lebedyev. Hagel menyerukan ketenangan dan memperingatkan pemerintah Ukraina agar tidak menggunakan angkatan bersenjata negara tersebut melawan penduduk sipil.
XS
SM
MD
LG