Tautan-tautan Akses

Oposisi Thailand Protes RUU Amnesti


Demo anti pemerintah Thailand bentrok dengan polisi anti huru-hara dalam sebuah aksi protes menentang RUU Amnesty di luar gedung parlemen di Bangkok, Thailand (7/8).

Demo anti pemerintah Thailand bentrok dengan polisi anti huru-hara dalam sebuah aksi protes menentang RUU Amnesty di luar gedung parlemen di Bangkok, Thailand (7/8).

Para demonstran anti pemerintah Thailand berkumpul di luar gedung parlemen di Bangkok dalam aksi menentang RUU amnesti, Rabu (7/8).

Sekitar 2.000 demonstran anti-pemerintah Thailand, berkumpul di luar gedung parlemen di Bangkok untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka atas rancangan undang-undang yang akan memberi amnesti kepada sejumlah orang yang terlibat dalam kekerasan politik dalam beberapa tahun terakhir, Rabu (7/8). Mereka dihalangi masuk gedung parlemen oleh polisi anti huru-hara yang bersenjatakan pentungan, yang membangun barikade beton dan kawat berduri di luar gedung itu.

Para demonstran menentang RUU yang sedang diperdebatkan Rabu sore yang akan membatalkan dakwaan terhadap para pemrotes yang terlibat dalam kekerasan politik sejak kudeta militer tahun 2006 yang menggulingkan PM Thaksin Shinawatra.

Beberapa pihak khawatir, RUU itu pada akhirnya akan memberi pengampunan kepada perdana menteri tersebut, yang kabur meninggalkan negara itu setelah dijatuhi hukuman penjuara selama dua tahun atas tuduhan perbenturan kepentingan.

Saudara perempuan Thaksin, Yingluck Shinawatra, kini adalah perdana mentri, dan partainya – partai Pheu Thai – mendukung RUU itu.

PBB pekan ini mendesak pemerintah Thailand untuk memastikan bahwa amnesti tidak diberikan kepada merekayang bertanggungjawab atas lekerasan itu, termasuk mereka yang memicu kekerasan pada 2010 yang menewaskan sekita 90 orang.
XS
SM
MD
LG