Tautan-tautan Akses

Tokoh Oposisi Taiwan Pilih Kandidat Calon Wapres


Tokoh oposisi utama Taiwan, ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) Tsai Ing-wen berpidato di Taipei, Taiwan (4/11). (Reuters/Pichi Chuang)

Tokoh oposisi utama Taiwan, ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) Tsai Ing-wen berpidato di Taipei, Taiwan (4/11). (Reuters/Pichi Chuang)

Tsai Ing-wen memilih Chen Chien-jen, ahli epidemiologi terkemuka yang menjabat sebagai menteri kesehatan Taiwan tahun 2003 hingga 2005.

Calon terkuat dalam pemilihan presiden Taiwan 2016, Tsai Ing-wen, dari partai oposisi, menunjuk Chen Chien-jen sebagai calon wakil presidennya.

Ketika mengumumkan penunjukan itu hari Senin (16/11), Tsai memuji Chen, ahli epidemiologi terkemuka yang menjabat sebagai menteri kesehatan Taiwan tahun 2003 hingga 2005, karena memimpin upaya pemberantasan wabah SARS tahun 2003.

Chen, 64, adalah penduduk asli Taiwan. Meski bukan anggota oposisi Partai Progresif Demokratik (DPP), ia bekerja sama dengan kelompok-kelompok pembuat kebijakan DPP dalam tujuh tahun terakhir.

Ketika menerima tawaran Tsai, Chen mengatakan, Taiwan "sedang menghadapi saat kritis" dan ia wajib berbakti.

Calon dari DPP akan menghadapi Eric Chu, calon presiden dari Partai Kuomintang yang berkuasa. Chu secara luas diperkirakan akan mengumumkan mantan Menteri Tenaga Kerja Wang Ju-hsuan sebagai pasangannya, hari Rabu.

Pemilihan presiden dan legislatif Taiwan akan diadakan pada 16 Januari 2016. Hasil jajak pendapat menunjukkan DPP unggul dalam kedua pemilihan itu. [ka]

XS
SM
MD
LG