Tautan-tautan Akses

Oposisi Suriah Bertemu di Qatar untuk Galang Persatuan


Para pemimpin oposisi Suriah saat mengadakan pertemuan dengan Liga Arab di Kairo, Mesir (Juli 2012). Oposisi Suriah kembali bertemu di Doha, Qatar (4/11) untuk membentuk kubu bersama.

Para pemimpin oposisi Suriah saat mengadakan pertemuan dengan Liga Arab di Kairo, Mesir (Juli 2012). Oposisi Suriah kembali bertemu di Doha, Qatar (4/11) untuk membentuk kubu bersama.

Faksi-faksi oposisi Suriah yang terpecah-pecah memulai pembicaraan penting di ibukota Qatar, Doha, hari Minggu (4/11).

Pertemuan berbagai faksi oposisi Suriah itu dilakukan dengan tujuan membentuk kubu bersama guna meraih pengakuan internasional, dan memperkokoh peluang mereka menyingkirkan Presiden Bashar al-Assad.

Hari pertama dari pertemuan empat hari itu dipusatkan pada pengubahan Dewan Nasional Suriah, kelompok oposisi terbesar di luar Suriah, menjadi wakil pemerintah di pengasingan. Para pemimpin Dewan menyatakan kelompok itu diperkirakan akan bertambah besar dari sekitar 200 anggota menjadi 400 anggota.

Sebuah pertemuan terpisah dari gerakan oposisi yang lebih luas di Doha pada hari Kamis mendatang bermaksud untuk membentuk koalisi persatuan yang mencakup pejuang pemberontak dan kelompok lain di Suriah.

Tokoh oposisi berpengaruh Riad Seif telah mengusulkan suatu struktur yang menggabungkan kelompok pemberontak Tentara Pembebasan Suriah, dewan militer regional dan unit-unit pemberontak lain serta kelompok-kelompok sipil setempat dan tokoh-tokoh oposisi terkemuka.

Seorang diplomat Barat mengatakan prakarsa Seif didukung oleh Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan kemungkinan sebagian negara Arab, Qatar dan Turki.

Amerika pekan lalu menyerukan perombakan kepemimpinan oposisi Suriah, dengan menyatakan bahwa sudah waktunya untuk bergerak di luar Dewan dan mengikutsertakan mereka yang bertempur di garis depan.
XS
SM
MD
LG