Tautan-tautan Akses

Oposisi Suriah Ajukan Persyaratan untuk Pembicaraan Perdamaian


Juru bicara Koalisi Nasional Suriah Khaled Saleh dalam konferensi pers di Istanbul, 3 September 2013 (Foto: dok).

Juru bicara Koalisi Nasional Suriah Khaled Saleh dalam konferensi pers di Istanbul, 3 September 2013 (Foto: dok).

Juru bicara Koalisi Nasional Suriah Khaled Saleh mengatakan delegasi oposisi akan mengadakan pertemuan di Suriah dengan utusan berbeda dari Tentara Pembebasan Suriah dalam beberapa hari mendatang.

Koalisi utama oposisi yang didukung Barat di Suriah mengatakan mereka akan turut dalam pembicaraan perdamaian dengan pemerintah kalau persyaratan tertentu dipenuhi, termasuk mengizinkan para pekerja bantuan masuk ke daerah-daerah yang dikepung pemerintah.

Koalisi Nasional Suriah mengumumkan keputusannya dalam pernyataan hari Senin (11/11) setelah dua hari pembicaraan di Istanbul.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memuji pengumuman tersebut, dengan mengatakan partisipasi kelompok itu akan merupakan sebuah “langkah maju yang besar.”

Koalisi itu menghendaki pemerintah menjamin penegakan jalur-jalur lintasan bantuan kemanusiaan, pembebasan tahanan dan agar perundingan perdamaian menghasilkan transisi politik di Suriah.

Para anggota oposisi telah lama menuntut agar Presiden Bashar al-Assad tidak ikut dalam pemerintah transisi yang dikehendaki Amerika dan Rusia disepakati kedua pihak dalam pembicaraan perdamaian Jenewa.
XS
SM
MD
LG