Tautan-tautan Akses

Oposisi Malaysia Janji Tingkatkan Pekerjaan dan Pendapatan


Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim menyampaikan pidatonya dalam kampanye Koalisi Rakyat menjelang pemilu di Shah Alam, dekat kota Kuala Lumpur, 25 February 25, 2013. (REUTERS/Bazuki Muhammad)

Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim menyampaikan pidatonya dalam kampanye Koalisi Rakyat menjelang pemilu di Shah Alam, dekat kota Kuala Lumpur, 25 February 25, 2013. (REUTERS/Bazuki Muhammad)

Koalisi oposisi Malaysia berjanji untuk menciptakan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan memerangi korupsi apabila memenangkan Pemilu, Senin (25/2).

Koalisi oposisi Malaysia berjanji hari Senin untuk menciptakan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan memerangi korupsi kalau koalisi itu berhasil menggulingkan koalisi yang berkuasa dalam pemilu nasional tahun ini.

Janji tersebut merupakan agenda resmi Koalisi Rakyat tiga partai pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, ancaman politik utama terhadap Koalisi Barisan Nasional yang telah memimpin Malaysia sejak merdeka dari Inggris tahun 1957.

“Rakyat sedang bangkit menuntut perubahan,” demikian kata Anwar dalam pidatonya saat mengumumkan manifesto pemilu koalisinya. “Kita adalah katalisator proses ini. Kita yakin, insya Allah, kita dapat menaklukkan Putrajaya,” lanjutnya.

Perdana Menteri Najib Razak diperkirakan akan membubarkan Parlemen dalam beberapa minggu lagi untuk meratakan jalan menuju pemilu yang harus diadakan sebelum akhir Juni.

Koalisi Anwar saat ini memegang sedikit lebih dari sepertiga kursi parlemen setelah Barisan Nasional yang sudah lama bercokol itu menderita hasil pemilu paling buruk dalam sejarah tahun 2008 ditengah-tengah keluhan rakyat mengenai korupsi dan diskriminasi rasial.

Janji pemilu koalisi oposisi, antara lain, menambah sejuta pekerjaan dengan mengurangi secara lambat-laun ketergantungan Malaysia pada pekerja asing dan memperkenalkan dana 2 miliar ringgit atau $600 juta untuk membantu menaikkan upah minimum bulanan.

Oposisi juga bertujuan untuk memperketat undang-undang anti-korupsi dan menghentikan operasi pertambangan mineral baru di Malaysia Timur yang dijalankan oleh perusahaan tambang Australia, Lynas Corp. yang telah menimbulkan keprihatinan kesehatan dan keselamatan.

Najib telah berkali-kali menuduh saingannya mengeluarkan janji-janji yang tidak dapat mereka tepati. Perdana Menteri mengatakan pekan lalu bahwa Barisan Nasional adalah satu-satunya pihak yang dapat dipercayai rakyat karena Barisan telah memenuhi semua janjinya kepada rakyat.

Anwar mengecam pemerintah hari Senin (25/2), dengan mengatakan para pemimpinnya mencuri dari negara dengan menyalah-gunakan dana negara dan memberi proyek-proyek pra-sarana kepada perusahaan-perusahaan konco-nya.

Keluhan luas rakyat menyebabkan Barisan Nasional kehilangan mayoritas dua-per-tiga yang sudah lama dikuasainya di parlemen tahun 2008, tetapi Barisan telah berusaha memperoleh kembali dukungan rakyat dengan pengambilan langkah-langkah seperti penyaluran lebih banyak dana kepada kaum miskin dan menghapuskan undang-undang keamanan yang dianggap menindas.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG