Tautan-tautan Akses

Oposisi Kecam Dukungan Obama bagi Pembangunan Masjid dekat Ground Zero


Seorang senator Fraksi Republik menyatakan dukungan presiden terhadap proyek tersebut, menunjukkan Obama terputus dari masyarakat Amerika kebanyakan.

Pihak oposisi menyerang pernyataan Presiden Amerika Barack Obama, yang menyetujui pembangunan masjid di dekat Ground Zero. Ground Zero adalah sebutan bagi lokasi serangan 11 September 2001 di kota New York.

Senator John Cornyn dari Fraksi Republik mengatakan tidaklah bijak membangun sebuah masjid di dekat lokasi di mana lebih dari 2.600 orang Amerika kehilangan nyawa mereka. Ia menyatakan dukungan presiden terhadap pembangunan masjid tersebut, menunjukkan Obama terputus dari masyarakat Amerika kebanyakan.

Para pejalan kaki melewati gedung Park Place di Manhattan. Di lokasi dekat Ground Zero inilah, umat Muslim setempat berencana membangun sebuah masjid.

Para pejalan kaki melewati gedung Park Place di Manhattan. Di lokasi dekat Ground Zero inilah, umat Muslim setempat berencana membangun sebuah masjid.

Pada akhir pekan baru lalu, Obama mengatakan ia mendukung hak umat Islam untuk membangun sebuah tempat ibadah dan pusat kegiatan masyarakat di sebidang lahan milik swasta di kota New York. Tetapi, ia mengatakan tidak akan berkomentar mengenai kearifan mewujudkan rencana tersebut. Padahal sehari sebelumnya, Obama berkomentar sehubungan dengan pembangunan masjid dekat Ground Zero, bahwa komitmen Amerika terhadap kebebasan beragama tidak boleh tergoyahkan.

Anggota Kongres dari Fraksi Republik, Peter King, yang menentang rencana lokasi bagi bangunan tersebut, menuding Obama plin-plan dengan sikapnya mengenai proyek tersebut.

XS
SM
MD
LG