Tautan-tautan Akses

Oposisi Kalahkan Partai Berkuasa dalam Pemilu Portugal


Pedro Passos Coelho, pemimpin Partai Sosial Demokrat (PSD) menyalami para pendukungnya setelah memenangkan pemilu Portugal (5/6).

Pedro Passos Coelho, pemimpin Partai Sosial Demokrat (PSD) menyalami para pendukungnya setelah memenangkan pemilu Portugal (5/6).

Partai oposisi konservatif Sosial Demokrat mendapat 105 kursi dan Partai Sosialis yang berkuasa mendapat 73 kursi di parlemen.

Pihak oposisi Portugal mengalahkan partai Sosialis yang berkuasa dalam pemilihan parlemen di negara bermasalah itu.

Setelah semua suara dihitung kecuali suara dari warga Portugal yang tinggal di luar negeri, hasil resmi menunjukan Partai Konservatif Sosial Demokrat mendapat 105 kursi dan Partai Sosialis mendapat 73 kursi.

Perdana Menteri Jose Socrates yang tersingkir mengaku kalah hari Minggu pagi setelah hasil jajak pendapat televisi di TPS menunjukan Partai Sosial Demokrat unggul di depan. Ia mengatakan juga akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Sosialis.

Pemimpin Partai Sosial Demokrat Pedro Passos Coelho kemungkinan akan menjadi Perdana Menteri baru dan membentuk pemerintahan koalisi dengan Partai Popular Konservatif.

Socrates memicu pemilihan awal hari Minggu setelah mengumumkan pengunduran dirinya bulan Maret, ketika parlemen menolak rencana reformasi ekonomi dan menambah pemotongan anggaran belanja.

Portugal terpaksa meminta bantuan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk dana talangan sebesar 110 miliar dolar, langkah yang berusaha dihindari oleh Socrates.

Portugal menanggung hutang yang besar, anjloknya perekonomian, dan pengangguran besar-besaran. Portugal adalah negara ketiga Uni Eropa yang menghadapi masalah ekonomi, setelah Yunani dan Irlandia, yang membutuhkan dana talangan dalam satu tahun belakangan.

XS
SM
MD
LG