Tautan-tautan Akses

Oposisi Jerman Kalah dalam Sidang Terkait Snowden


Mantan kontraktor Dinas Keamanan Nasional, NSA, Edward Snowden (Foto: dok).

Mantan kontraktor Dinas Keamanan Nasional, NSA, Edward Snowden (Foto: dok).

Para anggota oposisi Partai Hijau dan Partai Kiri Jerman ingin sebuah panel parlemen yang menyelidiki aktivitas NSA untuk mendengar langsung penjelasan dari Edward Snowden.

Mahkamah Agung Jerman mengabaikan usaha partai-partai oposisi untuk memaksa pemerintah mendatangkan mantan kontraktor Dinas Keamanan Nasional, NSA, Edward Snowden ke Berlin guna memberikan kesaksian tentang aktivitas-aktivitas lembaga itu.

Para anggota oposisi Partai Hijau dan Partai Kiri Jerman ingin sebuah panel parlemen yang menyelidiki aktivitas NSA untuk mendengar langsung penjelasan dari Edward Snowden. Akan tetapi, pemerintah tidak mau mengizinkan Snowden datang ke Jerman, khawatir akan rusaknya hubungan dengan AS.

Pengadilan Mahkamah Konstitusi Federal mengemukakan hari Jumat (12/12), lembaga itu menolak gugatan yang diajukan oleh kedua partai oposisi tersebut, menyangkut sikap mereka terhadap pendirian pemerintah.

Unsur-unsur pemerintah dalam panel tersebut menyarankan agar mengajukan segala pertanyaan kepada Snowden di Moscow, tetapi Snowden menyampaikan melalui pengacaranya, bahwa ia hanya akan berbicara kepada panel itu apabila diizinkan melakukannya di Jerman.

XS
SM
MD
LG