Tautan-tautan Akses

Oposisi India Diperkirakan Menang Pemilu


Partai Bharatiya Janata atau BJP yang dipimpin calon PM Narendra Modi (baju putih) diperkirakan memenangkan kursi terbanyak di parlemen India (foto: dok).

Partai Bharatiya Janata atau BJP yang dipimpin calon PM Narendra Modi (baju putih) diperkirakan memenangkan kursi terbanyak di parlemen India (foto: dok).

Jajak pendapat di luar TPS Senin (12/5) menunjukkan partai oposisi utama India akan memenangkan kursi terbanyak di parlemen.

Jajak pendapat di luar TPS, dalam apa yang disebut praktek demokrasi terbesar di dunia, menunjukkan partai oposisi utama India akan memenangkan kursi terbanyak di parlemen.

Namun belum jelas, apakah Partai Bharatiya Janata atau BJP yang dipimpin calon perdana menteri Narendra Modi akan memenangkan mayoritas di majelis rendah parlemen dengan 543 kursi itu. Pemilihan umum nasional di India sangat sulit untuk diprediksi dan jajak pendapat di luar TPS pada masa lalu tidak benar.

Partai Kongres, yang berkuasa selama satu dekade ini, telah terpukul oleh serangkaian skandal korupsi yang sangat disorot, inflasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang mandeg.

Pemilu India yang berlangsung selama lima minggu tuntas pada hari Senin, dengan penutupan TPS terakhir di negara bagian Uttar Pradesh dan Benggala Barat dan Bihar.

Komisi Pemilihan India mengatakan 66 persen dari 815 juta pemilih terdaftar di negara itu ikut memberikan suara mereka dalam pemilu nasional yang dimulai bulan lalu.

Hasil akhir pemilu India akan dirilis hari Jumat (16/5) mendatang.
XS
SM
MD
LG