Tautan-tautan Akses

Oposisi Afrika Selatan Interupsi Pidato Zuma di Parlemen


Anggota fraksi oposisi Economic Freedom Fighters, termasuk pemimpin EFF Julius Malema (tengah) diusir keluar parlemen di Cape Town, Afrika Selatan karena mengganggu pidato Presiden Jacob Zuma (12/2).

Anggota fraksi oposisi Economic Freedom Fighters, termasuk pemimpin EFF Julius Malema (tengah) diusir keluar parlemen di Cape Town, Afrika Selatan karena mengganggu pidato Presiden Jacob Zuma (12/2).

Para anggota parlemen Afsel yang beroposisi mencegah Presiden Jacob Zuma menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di parlemen.

Parlemen Afrika Selatan ricuh hari Kamis (12/2), ketika para anggota parlemen yang beroposisi mencegah Presiden Jacob Zuma menyampaikan pidato kenegaraan tahunan di parlemen.

Petugas keamanan memasuki parlemen dan memaksa keluar anggota fraksi oposisi Economic Freedom Fighters, termasuk pemimpin EFF Julius Malema, yang menghentikan pidato Presiden dengan menanyakan kapan Presiden Zuma akan membayar kembali $ 20 juta lebih uang rakyat yang dihabiskan untuk memperbaiki rumah pribadinya .

Setelah memaksa keluar anggota fraksi Malema, anggota parlemen dari fraksi oposisi utama, Aliansi Demokratik, memprotes pengusiran itu dan meninggalkan ruangan parlemen. PresidenZuma kemudian menyampaikan pidato dengan disambut sorak-sorai para pendukungnya, para anggota parlemen dari fraksi ANC, ketika ia menyoroti langkah yang telah diambil Afrika Selatan sejak berakhirnya kekuasaan minoritas kulit putih dua dekade yang lalu.

Alasan utama kericuhan adalah penolakan Presiden Zuma terhadap sebuah laporan independen tahun lalu yang mengatakan Presiden Zuma telah memperoleh "manfaat yang tidak wajar" dari sejumlah renovasi rumahnya, termasuk kandang ternak dan amphitheater, dan ia harus membayar kembali sebagian biaya renovasi yang tidak diperlukan.

Presiden Zuma telah membantah melakukan kesalahan dalam pengeluaran renovasi rumah, katanya para pejabat keamanan pemerintah yang mengontrol proyek tersebut.

XS
SM
MD
LG