Tautan-tautan Akses

Operasi Militer Pakistan: 3.400 Militan, 488 Tentara Tewas


Peta wilayah Khyber dan Waziristan Utara, Pakistan.

Peta wilayah Khyber dan Waziristan Utara, Pakistan.

Juru bicara militer Letnan Jenderal Asim Bajwa mengatakan, militer Pakistan telah meraih keberhasilan besar dan menghancurkan ratusan tempat persembunyian militan di mana aktivitas teroris berlangsung.

Militer Pakistan mengatakan, operasi anti pemberontaknya, Zarb-e-Azb, telah menewaskan 3.400 militan. Namun, militer mengatakan, 488 tentara juga tewas dalam operasi itu.

Militer, Sabtu (12/12), merilis data-data baru menyangkut serangan besar yang dilancarkan Juni 2014 terhadap militan setempat dan asing yang bersembunyi di kawasan kesukuan Waziristan Utara yang berbatasan dengan Afghanistan dan kemudian diperluas hingga ke berbagai penjuru negara itu.

Juru bicara militer Letnan Jenderal Asim Bajwa mengatakan, militer Pakistan telah meraih keberhasilan besar dan menghancurkan ratusan tempat persembunyian militan di mana aktivitas teroris berlangsung. Ia mengatakan, kantung-kantung terakhir persembunyian militan yang terletak dekat perbatasan Afghanistan telah dimusnahkan. Ia menambahkan, pertempuran itu telah melukai lebih dari 1.900 personil militer.

Juru bicara itu mengatakan, jaringan utama kelompok teroris itu telah dihancurkan. Pasukan keamanan, katanya, sejauh ini telah melangsungkan 13.200 operasi berbasis intelijen di berbagai penjuru Pakistan, menewaskan 183 pentolan teroris dan menangkap lebih dari 21 ribu tersangka.

Sejauh ini, tidak ada cara untuk mengukuhkan klaim para pejabat Pakistan itu. Namun para pejabat militer mengatakan, data statistik korban di pihak militan diperoleh berdasarkan pengukuran seksama dengan menggunakan teknologi penerbangan dan lainnya selama aksi kontra-pemberontakan yang dilangsungkan militer di Waziristan dan kawasan-kawasan di dekatnya. [ab]

XS
SM
MD
LG