Tautan-tautan Akses

Operasi Keamanan di Pinggiran Kota Kairo, 1 Jenderal Polisi Tewas


Pasukan keamanan menangkap seorang tersangka (dua dari kanan) di Kerdasah, kota kecil yang terletak sekitar 14 kilometer dari Kairo, Kamis (19/9).

Pasukan keamanan menangkap seorang tersangka (dua dari kanan) di Kerdasah, kota kecil yang terletak sekitar 14 kilometer dari Kairo, Kamis (19/9).

Para pejabat Mesir mengatakan seorang jenderal polisi tewas ditembak militan Islamis dalam operasi merebut kembali kontrol atas sebuah kawasan di pinggiran kota Kairo.

Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan, pasukan keamanan dengan dukungan helikopter, menyerbu desa Kerdasah Kamis dini hari, menggunakan gas air mata dan terlibat dalam tembak-menembak dengan militan.

Menurut polisi, 41 militan ditahan dalam pencarian dari rumah ke rumah dan mereka masih mengejar 100 lainnya. Sebagian yang dicari adalah tersangka pelaku serangan terhadap pos polisi Kerdasah bulan lalu.


Kekerasan di Kerdasah, sebuah kubu Islamis, bulan lalu itu tampaknya merupakan pembalasan atas tindakan pasukan keamanan beberapa jam sebelumnya, membongkar dua kamp protes pendukung presiden tersingkir Mohamed Morsi, menewaskan ratusan orang.

Hari Rabu, penggerebekan dilakukan di kota Dalga, kawasan di selatan Kairo yang dikenal sebagai kubu Islamis. Kelompok-kelompok hak asasi melaporkan kekerasan terhadap kaum minoritas Kristen di Dalga, sebelum tentara merebut kembali kontrol atas kawasan itu.

Sekurang-kurangnya seribu orang tewas dalam tindakan tentara Mesir terhadap militan dan pendukung Morsi. Para pejabat Mesir menyebut kampanye itu “perang melawan teror.”
XS
SM
MD
LG