Tautan-tautan Akses

Interpol Sita Ratusan Juta Dolar Narkoba di Karibia


Beberapa anggota gang narkoba yang berhasil ditangkap (foto: dok). Interpol memimpin operasi di Karibia dan Amerika Tengah yang berhasil menyita ratusan juta dolar narkoba.

Beberapa anggota gang narkoba yang berhasil ditangkap (foto: dok). Interpol memimpin operasi di Karibia dan Amerika Tengah yang berhasil menyita ratusan juta dolar narkoba.

Operasi anti narkoba ini berhasil menyita kokain dan narkoba lainnya senilai sekitar 822 juta dolar dan melakukan 142 penangkapan.

Interpol memimpin sebuah operasi di kawasan Karibia dan Amerika Tengah yang berhasil menyita kokain dan narkoba lainnya senilai sekitar 822 juta dolar dan melakukan 142 penangkapan, demikian menurut pihak penegak hukum di Eropa hari Selasa.

Pihak kepolisian Europol mendukung prakarsa pimpinan Interpol itu, yang dinamai Operasi Lionfish, menarget para penyelundup narkoba dan senjata lewat laut antara kedua kawasan tersebut. Operasi itu melibatkan sekitar 34 negara dan kawasan, termasuk 20an negara di Karibia seperti Kuba dan Jamaika dan negara-negara Amerika Tengah seperti Nikaragua dan Panama.

Dalam operasi berminggu-minggu itu, pihak berwenang berbagi informasi dan melakukan pengecekan kilat atas bank data Interpol dan Europol untuk memeriksa kapal-kapal dan peti kemas, dan lalu menyeleksinya sebagai sasaran untuk dilacak dan dinaiki. Patroli dilakukan di darat dan laut.

Selain menyita narkoba dan melakukan penangkapan, Europol mengatakan operasi yang menarget penyelundupan lewat laut oleh jaringan kriminal itu juga menyita 15 kapal, 42 senjata api, uang tunai 170.000 dollar dan delapan ton bahan-bahan kimia untuk membuat kokain.

Kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan mengatakan kokain di Amerika Selatan umumnya diselundupkan ke Eropa lewat laut, paling sering dalam peti kemas. Kokain biasanya diselundupkan ke pasar Amerika Utara dari Kolombia ke negara-negara Amerika Tengah atau Meksiko lewat laut dan kemudian selebihnya lewat darat.
XS
SM
MD
LG