Tautan-tautan Akses

OPEC Pertahankan Tingkat Produksi 30 Juta Barrel/Hari


enteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengindikasikan produksi minyak OPEC dipertahankan saat tiba di Wina, Austria (26/11).

enteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengindikasikan produksi minyak OPEC dipertahankan saat tiba di Wina, Austria (26/11).

Dengan produksi OPEC saat ini 30 juta barrel sehari, para analis mengatakan peningkatan produksi Amerika ternyata sangat mengecewakan kartel itu.

Kartel minyak sedunia OPEC telah memutuskan untuk mempertahankan tingkat produksi sekarang ini, walaupun banjir minyak di seluruh dunia telah mendorong harga turun lebih dari 30 persen sejak Juni.

Ketika berita mengenai keputusan itu keluar, yang diambil Kamis (27/11) di Wina oleh ke-12 negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), harga minyak mentah Brent turun US$4 lagi ke harga terendah dalam empat tahun yaitu $73 per barrel.

Rapat OPEC itu, yang dipandang luas sebagai salah satu pertemuan yang paling penting dalam beberapa tahun ini, diadakan sementara produksi minyak shale terus meningkat di Amerika Serikat.

Para analis mengatakan minyak 'shale' Amerika Serikat akan menghasilkan tambahan 1 juta barrel per hari tahun ini, dan 1 juta barrel lagi pada 2015.

Dengan produksi OPEC saat ini 30 juta barrel sehari, para analis mengatakan peningkatan produksi Amerika ternyata sangat mengecewakan kartel itu, dan tidak terlihat strategi OPEC untuk mengimbangi produksi minyak yang melimpah itu.

XS
SM
MD
LG