Tautan-tautan Akses

Warga Oman Pilih Dewan Konsultatif


Warga Oman berdiri di depan papan kampanye calon kandidat reformasi di Muscat (12/10).

Warga Oman berdiri di depan papan kampanye calon kandidat reformasi di Muscat (12/10).

Oman menggelar pemilu Dewan Konsultatif pertama sejak demonstrasi pro-reformasi menyebar ke seluruh Oman awal tahun ini.

Para pemilih di Oman pergi ke TPS-TPS hari Sabtu untuk memilih 84 wakil anggota dewan konsultatif-Syura. Dewan itu adalah bagian dari Dewan yang lebih besar dari Oman, dan juga termasuk Dewan Negara yang ditunjuk, mereka biasanya bertemu atas permintaan Sultan Qaboos bin Said untuk membahas topik yang ingin dibicarakan.

Kurang lebih 520.000 orang terdaftar untuk memilih di negara kesultanan itu dengan jumlah penduduk kurang dari 2 juta. Seorang pejabat komisi pemilu melaporkan jumlah orang yang pergi ke TPS "cukup banyak" di awal hari pemilihan.

Pemilihan hari Sabtu adalah pemilu pertama sejak demonstrasi pro-reformasi menyebar ke seluruh Oman awal tahun ini, dan disusul janji pemerintah untuk memenuhi tuntutan para demonstran.

Langkah itu secara umum menenangkan perbedaan pendapat publik. Namun, sebagian warga Oman mengatakan lambatnya perubahan dapat mendorong unjuk rasa lebih lanjut.

Menanggapi demonstrasi, Sultan Qaboos memberi "kekuasaan legislatif dan undang-undang" kepada Dewan Oman bulan Maret, meskipun masih belum jelas apa yang bisa dilakukan dengan pemberian kekuasaan itu. Namun, banyak warga Oman memandang langkah itu sebagai sebuah langkah maju.

XS
SM
MD
LG