Tautan-tautan Akses

Olimpiade Rio Hari ke-13: Kesempatan Usain Bolt untuk Unjuk Prestasi


Pelari Jamaika Usain Bolt berhasil memenangkan kompetisi lari 200 meter dalam semifinal Olimpiade Musim Panas 2016 di stadion Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil, 17 Agustus 2016 (AP Photo/David J. Phillip)

Pelari Jamaika Usain Bolt berhasil memenangkan kompetisi lari 200 meter dalam semifinal Olimpiade Musim Panas 2016 di stadion Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil, 17 Agustus 2016 (AP Photo/David J. Phillip)

Pelari Jamaika Usain Bolt kembali beraksi Kamis (18/8) ini, untuk mempertahankan gelar tak resminya sebagai “manusia tercepat” saat bertanding dalam nomor lari 200 meter.

Bolt memenangkan nomor tersebut dalam Olimpiade London 2012 dan telah meraih emas untuk nomor 100 meter tahun ini. Tetapi ia bukan hanya ingin memenangkan pertandingan. Ia ingin memecahkan rekor dunia yang sekarang ini ia pegang dan menjadi pelari pertama yang mencatat waktu kurang dari 19 detik untuk nomor 200 meter.

Setelah pertandingan semifinal Rabu malam (17/8), Bolt mengatakan ia akan berusaha memecahkan rekor dunia. Untuk itu ia akan berlari secara efisien dengan laju yang tepat.

Ia menambahkan bahwa ia merasa memiliki kesempatan terbaik untuk berlari kurang dari 19 detik jika ia ditempatkan di jalur yang lebih luar untuk memudahkannya lari di tikungan pada saat pertandingan berlangsung ketat.

Sementara itu, atlet putri Amerika Dalilah Muhammad mengincar medali pertamanya dalam Olimpiade Rio ini, dalam pertandingan nomor 400 meter halang rintang. Muhammad melaju pesat pada pertandingan semifinal, meninggalkan pesaing terdekatnya dengan selisih waktu hampir satu detik.

Meskipun ia sangat diidolakan untuk meraih medali emas, ia akan menghadapi para pesaing berat dalam pertandingan itu, antara lain pelari Republik Ceko Zuzana Hejnova dan Sara Petersen dari Denmark. Hejnova adalah juara dunia untuk nomor ini.

Pertandingan atletik hari ini akan mengakhiri nomor dasalomba putra. Atlet Amerika Ashton Eaton akan berusaha mempertahankan keunggulannya, yang telah ia tunjukkan pada hari Rabu (17/8). Ia unggul dari pesaing terdekatnya, Kai Kazmirek dari Jerman, dengan 121 poin setelah menang dalam nomor loncat jauh dan lari 400 meter, dan menempati peringkat ke-dua dalam nomor 100 meter.

Dalam pertandingan dasalomba hari ini akan dilakukan lomba pada nomor 110 meter halang rintang, lempar cakram, lempar lebing, lompat galah dan lari 1.500 meter.

Perebutan medali pada cabang atletik pada hari ini juga akan mencakup nomor tolak peluru putra dan lempar lembing putri.

Dua bersaudara atlet asal Inggris peraih medali dalam nomor trilomba di London tahun 2012, dan mereka mengincar kemenangan lagi dalam nomor serupa tahun ini. Alistair dan Jonathan Brownlee masing-masing meraih medali emas dan perunggu empat tahun silam dan diharapkan akan kembali meraih kemenangan di Rio tahun ini. Nomor trilomba putra akan dimulai pada pukul 10 pagi ini dan akan berlangsung selama sekitar dua jam.

Secara keseluruhan ada 25 medali emas yang diperebutkan hari ini, termasuk di antaranya untuk cabang voli pantai putra, gulat putri, hoki lapangan putra, layar serta tinju putra dan putri. [uh/ab]

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG