Tautan-tautan Akses

Olimpiade Khusus Dunia di Los Angeles akan Dibuka Hari Ini


Lebih dari 6.000 atlet dari 165 negara berkumpul di Los Angeles untuk mengikuti Olimpiade khusus, kompetisi untuk orang yang memiliki keterbelakangan mental (intelectual dissabilities).

​Obor Olimpiade Khusus yang disebut Flame of Hope, mendekati akhir dari ribuan kilometer perjalanannya.

Para pembawa obor "Flame of Hope" untuk Olympiad Khusus tiba di Los Angeles City Hall (24/7).

Para pembawa obor "Flame of Hope" untuk Olympiad Khusus tiba di Los Angeles City Hall (24/7).

Prosesi Obor merupakan bagian dari upaya penggalangan dana bagi gerakan Olimpiade Khusus oleh lembaga penegak hukum.

Upacara pembukaan Olimpiade tersebut akan diselenggarakan di lokasi pembukaan Olimpiade 1984, Los Angeles Coliseum, Sabtu (25/7), di mana peraih medali emas Olimpiade Rafer Johnson pernah menyalakan api Olimpiade tersebut 31 tahun yang lalu.

Johnson, yang telah terlibat dengan Olimpiade Khusus sejak awal, mengatakan bahwa kompetisi olahraga tersebut memberikan pelajaran penting.

"Saya pikir dalam jangka panjang, apa yang kita pelajari dalam olahraga tidak hanya membantu kita untuk menjadi atlet yang lebih baik, tetapi juga menjadi pelajaran hidup yang diajarkan tersebut akan membantu kita, dalam arti, menjadi yang terbaik yang bisa kita lakukan, saat berada di tempat lain selain kompetisi olahraga," kata Johnson.

Pertandingan Olimpiade Khusus Musim Panas Dunia diadakan setiap empat tahun di kota yang berbeda. Pertandingan terakhir diadakan di Athena. Kompetisi ini memiliki 25 olahraga, dari olahraga air hingga lari.

Eunice Kennedy Shriver, adik Presiden John F. Kennedy, mulai menyelenggarakan Olimpiade Khusus ini pada tahun 1968, dan gerakan ini telah berkembang di seluruh dunia. Saat ini, lebih dari 4 juta atlet di seluruh dunia ikut serta dalam olimpiade ini.

Penyelenggara memiliki harapan yang besar untuk pelaksanaan pertandingan di Los Angeles. Patrick McClenahan, presiden Olimpiade Khusus Musim Panas Dunia di Los Angeles 2015, mengatakan bahwa Los Angeles "memiliki fasilitas yang luar biasa. Keragaman di Los Angeles merupakan aset besar, dan kemampuan untuk melibatkan media dan komunitas hiburan," memberikan nilai tambah untuk wilayah ini.

Atlet Olimpiade Khusus, Debi Anderson mengatakan bahwa para atlet memiilki sebuah pesan (untuk dunia): "Mereka akan menunjukkan kepada dunia apa yang dapat mereka lakukan, bukan apa yang mereka tidak bisa lakukan."

Upacara pembukaan akan menampilkan ibu negara Michelle Obama, dan penyanyi Stevie Wonder adalah tokoh utama dari daftar panjang para tokoh dan artis yang akan menghibur dalam acara ini. Upacara tersebut ini akan disutradarai oleh aktris dan koreografer Debbie Allen, yang mengatakan Olimpiade Khusus tersebut telah menginspirasinya.

"Sangat menakjubkan untuk menyaksikan apa yang mereka lakukan," kata Allen. "Dan ketika Anda bergaul dengan mereka, menghabiskan sedikit waktu dengan mereka, dan menyadari apa yang mereka telah melalui dan apa yang mereka lakukan, Anda dapat memahami bahwa masalah yang Anda alami dalam hidup Anda (sebenarnya) bukan masalah. "

Penyelenggara mengatakan Olimpiade Khusus menekankan prestasi, penerimaan dan inklusi. Pertandingan akan berlangsung hingga 2 Agustus mendatang.

XS
SM
MD
LG