Tautan-tautan Akses

OECD: Pasar Saham dan Ekonomi Tak Terkait


Sekjen OECD, Angel Gurria (foto: dok).

Sekjen OECD, Angel Gurria (foto: dok).

Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) hari Selasa (7/3) memperingatkan kenaikan dalam pasar saham baru-baru ini dan kekuatan perekonomian ekonomi global tidak terkait.

Banyak indeks khususnya di Amerika naik selama musim dingin mencapai rekor tertinggi. Meski demikian, OECD mengatakan harapan pendapatan perusahaan di Amerika dan Eropa belum membaik secara keseluruhan, dan pertumbuhan konsumsi serta investasi masih tertinggal.

Organisasi yang berkantor di Paris itu dalam perkiraan ekonomi terbarunya mengatakan, “Dalam pasar-pasar keuangan, antara penilaian positif prospek ekonomi yang digambarkan dalam penilaian pasar perkiraan ekonomi yang sebenarnya tidak ada kaitannya."

OECD memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi global tahun ini akan menjadi 3,3 % dan meningkat menjadi sekitar 3,6 % pada tahun 2018. Meski demikian, OECD memperingatkan bahwa “proyeksi peningkatan yang kecil” itu bisa dihambat oleh sejumlah faktor termasuk kemungkinan melemahnya pasar, meningkatnya hambatan-hambatan perdagangan yang dibuat oleh pemerintah dan ketidak pastian mengenai suku bunga di seluruh dunia.

OECD mengatakan perekonomian global masih dibayangi oleh pertumbuhan yang rendah dan ketidaksetaraan yang tinggi setelah krisis keuangan.

Sekjen OECD, Angel Gurria mengatakan pemerintah-pemerintah “perlu mengambil tindakan untuk memulihkan kepercayaan rakyat" dan pada saat yang sama mencegah kemunduran atau membatalkan kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai melalui kerja sama internasional. [my/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG