Tautan-tautan Akses

Obor Olimpiade Singgah 5 Hari di Irlandia Utara


Obor Olimpiade dibawa dari Titanic Quarter di Belfast, Irlandia Utara menuju kota-kota di sepanjang pesisir County Down (3/6).

Obor Olimpiade dibawa dari Titanic Quarter di Belfast, Irlandia Utara menuju kota-kota di sepanjang pesisir County Down (3/6).

Obor Olimpiade hari Minggu memulai lawatan lima hari di Irlandia Utara disertai berbagai kemeriahan dan tanpa tanda-tanda kerusuhan.

Obor Olimpiade hari Minggu memulai lawatan lima hari di Irlandia Utara disertai berbagai kemeriahan dan tanpa tanda-tanda kerusuhan. Penduduk Katolik dan Protestan negeri itu ingin memperlihatkan kepada dunia betapa bersatunya mereka sekarang setelah 40 tahun dibelit pertikaian.

Obor dibawa dari Titanic Quarter di kota Belfast menuju kota-kota ekonomis lebih makmur di sepanjang pesisir County Down tanpa gangguan keamanan. Sebagaimana selama dua pekan diarak di England dan Wales, massa penonton berdiri bebas menyaksikan pembawa obor berlalu didampingi empat sampai enam aparat keamanan yang mengenakan kostum jogging.

Di antara tiap perhentian, satuan polisi sepeda motor yang biasanya mengawal penggede, mengebut ke depan untuk mengamankan persimpangan jalan supaya iring-iringan pembawa obor bersama lebih dari selusin kendaraan yang membawa staf pendukung dan wartawan bisa memenuhi jadwal mencapai tiap sudut Irlandia Utara yang berpenduduk 1,7 juta orang hari Kamis nanti.

Estafet membawa obor dimulai pagi hari di kawasan dermaga Belfast tempat kapal terkenal Titanic dibuat satu abad lalu. Hari Senin dan Selasa rombongan pembawa obor akan menghabiskan sebagian besar waktu di Londonderry, kota kedua terbesar di Irlandia Utara.

Beberapa orang yang menyaksikan estafet obor itu mengemukakan, mereka tidak melihat kelompok pecahan Tentara Pembebasan Irlandia mau mengganggu kelancaraan perjalanan obor di Irlandia Utara.
XS
SM
MD
LG