Tautan-tautan Akses

AS

Obat Tercemar, Perusahaan India Bayar Denda $500 Juta di Amerika


Perusahaan India didenda $500 juta untuk ganti rugi atas tuduhan menjual obat di Amerika yang tidak memenuhi standar (foto: ilustrasi).

Perusahaan India didenda $500 juta untuk ganti rugi atas tuduhan menjual obat di Amerika yang tidak memenuhi standar (foto: ilustrasi).

Ranbaxy, akan membayar $500 juta untuk ganti rugi atas tuduhan bahwa perusahaan itu sengaja menjual obat di Amerika yang tidak memenuhi standar.

Pabrik raksasa pembuat obat di India, Ranbaxy, akan membayar $500 juta untuk ganti rugi atas tuduhan bahwa perusahaan itu sengaja menjual obat di Amerika yang tidak memenuhi standar pemerintah.

Departemen Kehakiman Amerika hari Senin mengatakan obat itu termasuk dua jenis antibiotik dan obat epilepsi.

Ranbaxy mengaku bersalah telah berbohong kepada US Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan Amerika, tentang catatan yang tidak memadai, ujicoba dan masalah-masalah lain di dua pabrik di India yang mengekspor produknya ke pasar Amerika.

Seorang mantan eksekutif Ranbaxy, Dinesh Thakur, memberitahu pihak berwenang tentang praktek perusahaan itu.

Menurut hukum Amerika yang memberi penghargaan kepada “whistleblower” atau pembuka rahasia, ia akan mendapat hadiah sebesar $48, 6 juta, atau hampir sepersepuluh uang denda yang ditarik pemerintah Amerika dari perusahaan itu.
XS
SM
MD
LG