Tautan-tautan Akses

Obat Eksperimen Stroke Janjikan Terobosan Baru


Seorang pasien sedang diperiksa tekanan darahnya. Stroke membunuh hampir enam juta pasien di seluruh dunia setiap tahun.

Seorang pasien sedang diperiksa tekanan darahnya. Stroke membunuh hampir enam juta pasien di seluruh dunia setiap tahun.

Obat baru ini sangat manjur dalam mencegah kerusakan otak yang parah pada tikus percobaan, bahkan ketika diberikan beberapa jam setelah stroke.

Dokter Belanda dan Jerman mengatakan sebuah obat eksperimen baru kemungkinan akan mengurangi kerusakan otak pada pasien penderita stroke.

Dokter dari Universitas Maastricht di Belanda dan Universitas Wurzburg di Jerman mengatakan obat tersebut sangat manjur dalam mencegah kerusakan otak yang parah pada tikus percobaan, termasuk bila obat diberikan beberapa jam setelah stroke terjadi. Ini memberi mereka harapan bahwa obat ini juga akan manjur pada manusia. Bila demikian halnya, obat ini akan menjadi terobosan baru bagi perawatan pasien stroke. Setiap tahunnya, stroke membunuh hampir enam juta orang di seluruh dunia.

Obat baru ini menghambat enzim tertentu yang menurut pakar bertangggung jawab atas kerusakan otak pada korban stroke.

Sebagian besar stroke disebabkan penggumpalan darah pada pembuluh, yang kemudian menghentikan arus darah ke otak. Hanya satu obat yang sekarang ada untuk mengobati stroke ischemic, atau stroke yang disebabkan pengentalan darah. Obat yang diberi nama tPA (tissue plasminogen activator) dapat mencairkan pengentalan dara, tetapi hanya manjur bila diberikan dalam waktu tiga jam setelah terjadinya stroke.

XS
SM
MD
LG