Tautan-tautan Akses

Obat Baru Janjikan Bangun Otot Tanpa Olahraga


Seorang perempuan yang menderita diabetes tampak berjalan diatas mesin treadmill. Olahraga membantu penderita diabetes tetap sehat.(Foto: dok)

Seorang perempuan yang menderita diabetes tampak berjalan diatas mesin treadmill. Olahraga membantu penderita diabetes tetap sehat.(Foto: dok)

Bentuk otot tanpa olahraga?

Bukan steroid, tetapi satu tim ilmuwan sedang mengembangkan delapan senyawa untuk menghasilkan pil yang jika terus menerus dikonsumsi bisa memberi beberapa manfaat olahraga tanpa harus berolahraga.

Bersama rekan-rekannya, Ismail Laher menganalisa manfaat fisik dari sejumlah obat percobaan yang akan membangun otot tanpa berolahraga di pusat kebugaran. Peneliti obat di Universitas British Columbia di Vancouver, Kanada, itu menerbitkan kajiannya di jurnal Trends in Pharmacological Sciences.

Kata Laher, setidaknya ada 1.000 efek positif olahraga bagi otot-otot manusia. Tetapi senyawa yang terkandung dalam pil ini hanya bisa menarget satu hal yaitu membangun otot tanpa efek samping steroid yang berbahaya.

Olahraga, tegas Laher, memiliki banyak manfaat kesehatan lain seperti ketahanan jantung dan membantu penderita diabetes tetap sehat. Manfaat-manfaat itu, katanya, tidak bisa diperoleh dari pil tersebut.

Pil semacam ini, kata Laher, bisa berguna bagi orang yang memiliki cedera tulang belakang dan tidak mampu bergerak agar mereka masih bisa mendapatkan sebagian manfaat olahraga.

"Fokusnya adalah orang-orang yang bisa mengambil manfaat positif dari pil ini, bukan orang sehat yang sebenarnya bisa berolahraga," kata Laher.

Ia menambahkan perlu melakukan uji klinis pada manusia untuk benar-benar tahu apakah pil ini memang pil ajaib. [th/dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG