Tautan-tautan Akses

AS

Obama Berikan Otorisasi 1.500 Pasukan Tambahan untuk Irak


Presiden Barack Obama memberikan otorisasi kepada militer untuk mengerahkan hiingga 1.500 tentara tambahan ke Irak (Foto: dok).

Presiden Barack Obama memberikan otorisasi kepada militer untuk mengerahkan hiingga 1.500 tentara tambahan ke Irak (Foto: dok).

Presiden AS Barack Obama memberi otorisasi kepada militer untuk mengerahkan hingga 1.500 tentara tambahan ke Irak sebagai bagian dari misi memerangi militan ISIS.

Gedung Putih mengatakan pasukan itu tidak akan turun ke medan tempur, tetapi akan membantu melatih dan memberi saran kepada pasukan Irak dan kelompok Kurdi.

Presiden Obama juga akan meminta $5,6 miliar dari Kongres untuk membantu mendanai upaya itu. Para pejabat senior pemerintah mengatakan permintaan itu meliputi $ 1,6 miliar untuk membangun pelatihan dan membeli perlengkapan untuk mendukung pelatihan itu.

Pengumuman ini muncul setelah Obama bertemu dengan para pemimpin Kongres, Jumat (7/11). Dia diperkirakan membahas permintaan pendanaan itu dan keinginannya agar Kongres memungut suara untuk mengotorisasi kekuatan militer untuk memerangi ISIS.

Para pejabat AS mengatakan sebagian personil tambahan yang dikirim ke Irak akan beroperasi di pusat-pusat di luar Baghdad dan Irbil untuk memberikan nasihat dan membantu rakyat Irak. Sisanya akan disebar ke seluruh negeri itu untuk melatih pasukan Irak.

XS
SM
MD
LG