Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tolak Berkomentar Tentang Pembangkang Tiongkok


Presiden Amerika Barack Obama menolak memberikan komentar terakit keberadaan Chen Guangchen (30/4).

Presiden Amerika Barack Obama menolak memberikan komentar terakit keberadaan Chen Guangchen (30/4).

Presiden Amerika BArack Obama menolak untuk mengkorfimasi keberadaan pembangkang Tiongkok, Chen Guangchen di Kedutaan Besar Amerika di Beijing.

Menanggapi pertanyaan seorang wartawan hari Senin, Presiden Obama mengatakan tidak akan membuat pernyataan mengenai kondisi Chen Guangchen, pembangkang Tiongkok yang buta, yang baru-baru ini melarikan diri dari tahanan rumah di Beijing, dan dikabarkan berada dalam perlindungan Amerika.

Para pejabat Amerika mengungkapkan keprihatinan mengenai nasib Chen, tetapi menolak berkomentar mengenai keberadaannya ditengah berbagai laporan yang belum dikukuhkan bahwa ia melarikan diri ke kedutaan besar Amerika di Beijing.

Presiden Obama mengatakan ia tahu mengenai berbagai laporan tersebut dan menambahkan bahwa setiap kali pejabat Amerika bertemu dengan pejabat Tiongkok, isu HAM selalu dibahas.

Komentar Obama keluar beberapa hari sebelum pertemuan bilateral tahunan di Beijing antara Amerika dan Tiongkok. Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Keuangan Timothy Geithner akan memimpin delegasi Amerika.

Clinton mengulangi komentar Obama Senin sore, dan mengatakan tidak akan membahas kasus Chen saat ini. Namun, ia menjamin bahwa HAM termasuk dalam berbagai isu yang akan dibahas dalam pertemuan di Beijing.

Utusan tertinggi Amerika untuk Asia Timur, Kurt Campbell, tiba di Beijing hari Minggu dan dijadwalkan bertemu para pejabat Tiongkok terkait Chen.

Sebuah organisasi HAM Tiongkok yang berkantor di Amerika mengatakan Chen berada dalam perlindungan Amerika, dan sedang terjadi dialog antara pejabat Amerika dan Tiongkok.

Berbicara kepada VOA Minggu malam, Presiden ChinaAid Bob Fu mengtakan meski Chen saat ini aman dan berada jauh dari rumahnya, satu-satunya pilihan baginya adalah pergi ke Amerika.
XS
SM
MD
LG