Tautan-tautan Akses

AS

Obama Sampaikan Seruan Damai untuk Sudan dan Sudan Selatan


Presiden Amerika Barack Obama (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama (Foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama menyampaikan seruan damai lewat video kepada rakyat Sudan dan Sudan Selatan yang ditayangkan hari Sabtu (21/4).

Dalam pesan melalui YouTube itu, Presiden Obama mengatakan konflik bukanlah masalah yang tidak bisa dihindari dan pemimpin mereka mempunyai kesempatan untuk tidak menyeret rakyat ke dalam perang.

Obama juga menyerukan agar kedua negara mengakhiri tindakan militer terhadap satu sama lain. Menurut Obama, presiden kedua negara harus punya keberanian untuk melanjutkan perundingan ke arah resolusi damai.

Pesan Presiden Obama itu disampaikan sehari setelah perayaan di Sudan dimana warga dan para pemimpin menyambut gembira klaim pemerintah bahwa militer telah merebut kembali ladang minyak Heglig dari Sudan Selatan.

Presiden Sudan Omar al-Bashir hari Jumat memimpin pawai kemenangan yang meriah sementara tentara merayakannya di kawasan Heglig yang disengketakan. Perayaan itu bertentangan dengan klaim Agnes Oswaha, duta besar Sudan Selatan untuk PBB.

Ia memberitahu para wartawan di markas besar PBB di New York bahwa pasukan selatan masih sepenuhnya menguasai Heglig. Ia mengukuhkan bahwa seluruh pasukan selatan akan keluar dari Heglig dalam 72 jam.
XS
SM
MD
LG