Tautan-tautan Akses

Obama Kecam Perguruan Tinggi yang Incar Tunjangan Veteran


Presiden Obama menandatangani surat perintah untuk memberikan informasi dan proteksi pendidikan bagi tentara dan keluarganya di Pusat Divisi Infanteri AS di Fort Steward, Ga (27/4)

Presiden Obama menandatangani surat perintah untuk memberikan informasi dan proteksi pendidikan bagi tentara dan keluarganya di Pusat Divisi Infanteri AS di Fort Steward, Ga (27/4)

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika perlu melakukan lebih banyak untuk memenuhi janji lama kepada tentaranya.

Obama menggunakan pidato mingguannya hari Sabtu untuk mengecam perguruan tinggi dan universitas yang memanfaatkan tentara dan veteran yang sebagian mengalami cedera serius untuk mendapat uang.

Presiden Amerika Barack Obama telah menandatangani surat perintah eksekutif untuk melindungi tentara yang masih aktif maupun veteran dari praktek-praktek penipuan dan menyesatkan oleh perguruan tinggi dalam merekrut mahasiswa untuk mengincar tunjangan pendidikan federal.

Presiden Obama menandatangani surat perintah tersebut, Jumat (27/4) setelah ia dan Ibu negara Michelle Obama berbicara dengan tentara di markas militer Fort Stewart di negarabagian Georgia. Obama mengatakan, sejumlah perguruan tinggi mencoba memperdaya dan menipu keluarga militer, dan pemerintahannya berusaha menghentikan praktek itu.

Perintah itu membatasi akses kalangan perekrut ke fasilitas-fasilitas militer dan mengharuskan setiap kampus memberi informasi lebih banyak kepada mantan tentara atau yang masih aktif sebelum mendaftarkan mereka ke berbagai program.

Perintah tersebut menargetkan perguruan tinggi dan universitas yang mencari untung dengan memasarkan kampus mereka secara besar-besaran kepada keluarga militer bagi kredit pendidikan yang disediakan pemerintah, dikenal sebagai 'GI Bill'.

Dimulai sejak Perang Dunia Kedua, Amerika membantu para veteran mendapat pendidikan tinggi dengan program bantuan 'G.I. Bill' ini. Program itu diperbaharui setelah perang di Afghanistan dan Irak.

Obama mengatakan dalam satu kasus, penerima mahasiswa sebuah perguruan tinggi mendaftarkan sekelompok marinir yang menderita cedera otak sedemikian parahnya sehingga mereka tidak ingat kursus yang mereka ambil. Ia menyebut perilaku semacam itu dari 'mengejutkan' dan 'memalukan'.

Ibu Negara Obama mengatakan kepada para tentara, pemerintah Amerika mendukung mereka. Menurutnya, pemerintah ingin membantu tentara dan keluarga mereka sebagaimana mereka telah mengabdi pada negara.

Kunjungan ke Georgia dilakukan sekitar seminggu sebelum Obama melakukan kampanye resmi pertama untuk pemilihan kembali di Virginia dan Ohio. Presiden Obama kalah di negara bagian Georgia dari calon Partai Republik John McCain dalam Pemilu tahun 2008.

Wakil negara bagian Wisconsin di Kongres, Paul Ryan memberikan tanggapan dari Partai Republik. Ketua Komisi Anggaran DPR itu mengecam Obama karena “bersikap layaknya berkampanye” ketimbang menawarkan penyelesaian bagi masalah-masalah hutang Amerika.
XS
SM
MD
LG