Tautan-tautan Akses

Obama Imbau Sudan Selatan agar Menahan Diri


Presiden Sudan selatan Salva Kiir diminta untuk menahan diri dalam sengketa dengan Sudan.

Presiden Sudan selatan Salva Kiir diminta untuk menahan diri dalam sengketa dengan Sudan.

Presiden Amerika Barack Obama mengimbau Sudan Selatan agar menghindari konfrontasi militer dengan Sudan, tetangganya.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah meminta pemimpin Sudan dan pemimpin Sudan Selatan agar bertemu sesegera mungkin untuk menyelesaikan ketegangan antara kedua negara, tetapi pertemuan yang dijadwalkan akan dilakukan hari Selasa telah dibatalkan.

Kedua presiden itu tadinya akan bertemu di ibukota Sudan Selatan, Juba. Gelombang pertempuran militer pecah pekan lalu dengan kedua pihak saling menyalahkan karena memulai pertempuran.

Eric Reeves, peneliti mengenai Sudan dan Sudan Selatan yang berbasis di Amerika mengatakan kepada VOA bahwa menggagalkan pertemuan itu barangkali adalah apa yang menjadi sasaran sebagian pejabat militer di Sudan.Menurutnya kedua negara sudah berada di ambang perang.
Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama hari Senin berbicara lewat telpon dengan Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir, dan mengungkapkan keprihatinan mengenai peningkatan ketegangan antara Sudan Selatan dan Sudan, terutama bentrokan dengan kekerasan di perbatasan.

Gedung Putih mengatakan Obama menghimbau Kiir untuk menjamin agar militer Sudan Selatan tidak terlibat ataupun mendukung bentrokan di perbatasan dengan Sudan, terutama di negara bagian Kordofan Selatan di Sudan.

Sudan menuduh Sudan Selatan mendukung pemberontak di Kordofan Selatan dan Nile Biru, tuduhan yang dibantah Sudan Selatan. Sudan Selatan menuduh Sudan melakukan serangan udara di wilayahnya.

Kedua menteri pertahanan Sudan dan Sudan Selatan hari Senin bertemu tim mediasi Uni Afrika di ibukota Ethiopia, Addis Ababa.
XS
SM
MD
LG