Tautan-tautan Akses

Obama Hadapi Ketidakpuasan Anggota KTT di Kolombia


Presiden Obama (kanan) bersama ibu negara Maria Clemencia Rodriguez dan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos berpose seusai jamuan makan malam kenegaraan menyambut KTT benua Amerika di Cartagena, Kolombia (13/4).

Presiden Obama (kanan) bersama ibu negara Maria Clemencia Rodriguez dan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos berpose seusai jamuan makan malam kenegaraan menyambut KTT benua Amerika di Cartagena, Kolombia (13/4).

33 presiden dan perdana menteri dari Kanada, Amerika, Karibia dan Amerika Latin bertemu di kota peristirahatan Cartagena, untuk menghadiri KTT benua Amerika, termasuk Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Presiden Obama diperkirakan akan menggunakan KTT Amerika untuk menekankan pentingnya perluasan ekonomi dan hubungan lain di seluruh kawasan itu.

Meskipun Presiden Obama tetap populer di seluruh kawasan itu, ia menghadapi makin bertambahnya ketidakpuasan sejawatnya mengenai berbagai isu termasuk perang Amerika selama puluhan tahun terhadap perdagangan obat terlarang dan terus absennya Kuba dari KTT itu.

Makin banyak pemimpin termasuk tuan rumah KTT, Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyerukan agar melegalkan obat-obat terlarang untuk mengurangi permintaan yang memicu tindak kekerasan kartel-kartel obat terlarang. Dan Restrepo penasehat keamanan nasional Presiden Obama untuk Amerika Latin mengatakan presiden Obama tidak mendukung legalisasi.

Amerika juga menghadapi peningkatan permintaan untuk mengakhiri embargonya selama lima dekade terhadap Kuba dan memperbolehkan Kuba bergabung dengan Organisasi Negara-negara Amerika.

Presiden Equador Rafael Correa memboikot KTT itu untuk memprotes absennya Kuba dan yang lainnya memperingatkan seharusnya KTT ini menjadi yang terakhir tanpa keikut sertaan pulau yang dipimpin oleh komunis itu.

Presiden Obama juga diperkirakan akan menjadi minoritas dalam tentangannya pada klaim Argentina terhadap kepulauan Folklands yang kuasai Inggris.

Pengaruh Amerika di Amerika Latin telah berkurang sejak KTT terakhir tahun 2009 di saat kawasan itu tengah meningkatkan hubungan ekonomi dan diplomatiknya dengan negara dengan perekonomian yang baru bangkit seperti Tiongkok dan India.
XS
SM
MD
LG